Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, June 16, 2021

Terbukti, Budidaya Porang Dapat Menekan Angka Kemiskinan di Kabupaten Madiun

Gemawilis -
Tren positif pembudidayaan tanaman porang yang dilakukan oleh masyarakat di daerah tepian huta yang ada di beberapa desa pada beberapa tahun terakhir terbukti secara signifikan dapat menekan angka kemiskinan di Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengatakan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di Kabupaten Madiun salah satunya adalah dengan cara pemberdayaan masyarakat. Diantaranya adalah pemberdayaan masyarakat tentang budidaya komoditas porang.

"Saya bekerja mulai tahun 2018 semua pakai angka. Dari angka itu muncul permasalahan yang harus saya selesaikan, salah satunya masalah kemiskinan. Kemudian kita maksimalkan pemberdayaan, akhirnya pemberdayaan masyarakat ini menjadi domainnya di tingkat kabupaten sampai desa, diantaranya pemberdayaan masyarakat budidaya porang, "katanya. Selasa (15/6/2021).

Menurut Khaji Mbing (sapaan akrab Bupati Madiun) mengurangi angka kemiskinan dengan pembudidayaan porang sangat berkaitan erat, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran. Saat ini pihaknya mengaku tengah mencari formulasi.

"Saya tidak ingin masyarakat di Kabupaten Madiun hanya menjadi penonton saja. Saat ini saya sedang mencari formulasi agar kedepan tidak ada monopoli, "kata Bupati Madiun.

Sesuai data, angka kemiskinan di Kabupaten Madiun mengalami penurunan. Pada tahun 2018 angka kemiskinan di Kabupaten Madiun mencapai 12,56 persen dan tahun 2019 turun menjadi 10,34 persen, atau terjadi penurunan 2 persen lebih dalam kurun waktu setahun.

Sementara itu, data Dinas Pertanian Kabupaten Madiun mencatat pada tahun 2016 di Kabupaten Madiun hanya terdapat 1.484 hektare luasan lahan porang. Tahun berikutnya 2017 luasan lahan porang bertambah menjadi 1.536 hektare.

Pada tahuh 2018 kemudian lahan porang sudah mencapai 1.568 hektare dan 2019 luas lahan porang mengalami lonjakan drastis, meningkat menjadi 3.465 hektare. Selanjutnya di tahun 2020 luasan lahan porang bertambah menjadi seluas 5.263 hektare.

Saat ini tanaman yang tengah naik daun ini merupakan salah satu komoditas ekspor terbesar di Kabupaten Madiun. Tanaman porang tumbuh sumbur dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat di daerah pinggiran seperti di Kecamatan Saradan, Gemarang, Kare, Dagangan, dan Wonoasri. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT