Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, June 28, 2021

Tenggorokan Terganggu Tapi Enggan ke Dokter? Coba Pakai Obat Alami Ini

Ambar ilustrasi/pixabay
Gemawilis -
Batuk atau gangguan tenggorokan memang sangatlah mengganggu aktifitas, bahkan gejala batuk pun terkadang membawa penderita mengalami demam, tenggorokan gatal bahkan sering mengakibatkan kram pada perut.

Pada umumnya batuk diakibatkan karena adanya infeksi bakteri yang ada pada tenggorokan. Batuk terbagi menjadi dua jenis yaitu batuk basah dan kering yang sering disebut batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.

Berikut pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter jika gejala penyakit ini menyerang. Hal semacam serik dan gatal pada tenggorokan, saat menelan ludah maupun makanan terasa sakit, bahkan tak jarang pula di ikuti dengan sakit flu terlebih dahulu.

Ada beberapa obat alami yang terangkum dari bebagai sumber. Efektif terbukti memberi pertolongan pertama pada penderita gejala maupun bagi yang telah menderita batuk.

1. Madu
Madu bisa menjadi alternatif untuk obat batuk alami. Menurut beberapa penelitian mengatakan madu sangat efektif membantu redakan batuk, terutama pada anak-anak. Cara meraciknya juga lumayan simpel, bisa di campur dengan air hangat ataupun dapat dicampur dengan air teh.

2. Jahe
Jahe mengandung antiinflamasi yang efektif meredakan batuk kering. Selain itu, jahe juga dapat memberikan rasa nyaman pada tenggorokan yang merasakan serik gatal yang menyiksa. Jahe dapat diracik sebagai obat batuk dengan cara dibuat semacam wedang atau jahe seduh.

3. Air Garam
Minum ataupun kumur dengan larutan air garam pada air hangat juga sangat efektif untuk meredakan batuk, terutama pada batuk basah atau berdahak. Air garam dapat mengurangi lendir di bagian belakang tenggorokan. Caranya larutkan satu sendok teh garam dengan air hangat lalu minum, atau bisa juga larutan air garam tersebut untuk berkumur bagi yang enggan meminumnya.

4. Jinten
Banyak digunakan sebagi bumbu dapur, namun ternyata jinten juha dapat digunakan sebagai obat alami tradisional salah satunya batuk. Selain itu daun jinten juga dapat diramu sebagai obat alami yang ampuh untuk batuk.

5. Kencur
Memiliki efek hangat jika dikonsumsi kencur mengandung borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamicacid ethtyl-ester pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene, dan lain-lain. Beberapa zat yang terkandung pada kencur tersebut bisa menjadi obat batuk alami dengan cara mengencerkan dahak. Cara pengolahannya dengan cara diparut kemudian beri air dan sedikit garam kemudian saring lalu minum dua kali sehari.

6. Kunyit
Kunyit efektif untuk mengobati batuk kering. Kandungan senyawa seperti kurkumin memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Cara mengolahnya paling simpel dapat diparut dan diberi air kemudian saring, sari kunyit dapat ditambah dengan madu sebagai obat batuk yang alami dan dapat memberikan rasa nyaman pada perut.

7. Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C yang tinggi juga mengandung antiinflamansi dan anti bakteri. Selain itu jeruk nipis juga mengandung kalsium, dan fosfor yang efektif meredakan batuk dan demam. Jeruk nipis dapat dikonsumsi langsung dari perasan maupun dicampur dengan kecap maupun madu.

Itulah beberapa obat yang dapat dijadikan sebagai alternatif obat batuk yang mudah sekali didapat serta mudah sekali dibuat sendiri dirumah. (Ds/Inkes/gw)

BERITA TERKAIT