Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, June 14, 2021

Setiap Pagi Buta Berjalan Kaki Menju Pasar Membawa Obor, Mbah Kadinah Kini Sudah Dapat Senter

Gemawilis -
Usianya sudah memasuki kepala tujuh, namun semangatnya tak kalah dengan yang masih muda. Setiap hari ia berjalan dari rumahnya yang berada di Gilis RT 05/01, Desa Joho Kecamatan Dagangan menuju Pasar Pagotan untuk berjualan sayur.

Mbah Kadinah adalah wanita berusia 72 tahun, lansia yang hidup sebatang kara tidak punya anak dan suaminya sudah meninggal puluhan tahun yang lalu.

Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, wanita kelahiran 20 Desember 1949 ini setiap hari berjalan kaki menuju pasar dengan membawa penerangan Oncor (alat penerangan tradisional dibuat dari bahan bambu atau kayu: Obor).

Setiap pagi buta sekitar jam 3, wanita tua itu harus berangkat dari rumah menuju pasar Pagotan dan pulang sampai rumah sekitar jam 9 pagi. Sampai rumah beliau masih harus menggembala Kambing milik saudaranya.

Namun demikian dia tidak pernah mengeluh, kesehariannya terus ia jalani dengan penuh ke ikhlaskan dan penuh semangat. Hingga akhirnya pada Minggu (13/6/2021) kemarin Mbah Kadinah didatangi Pemuda Madiun Bergerak (PMB), kini ia bisa tersenyum karena PMB datang membawa kasur dan senter untuknya.

Ketua PMB, Bintang Hasyim Nusantara saat dikonfirmasi mengatakan selama ini ternyata Mbah Kadinah tengah berusaha mengumpulkan uang untuk membeli kasur karena tidurnya selama ini hanya beralaskan tikar dan kardus bekas.

Mengetahui hal itu pihaknya langsung melakukan gerak cepat (Gercep). "Itu awalnya kami dapat informasi dari tim kami (red -PMB), ternyata di daerah situ masih ada warga yang kehidupannya seperti itu, "katanya. Senin (14/6/2021).

Kemarin tim sudah kesana, lanjut Bintang, hari minggu sudah kami antar beberapa perabotan buat beliau. Selama ini beliau hidup sendirian sedangkan saudara yang dekat rumahnya kurang mau tau tentang keadaannya, "jelas Ketua PMB tersebut. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT