Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, June 12, 2021

Sering Dibuat Mainan Masak-Masakan, Ternyata Tali Putri Mempunyai Khasiat untuk Pengobatan

Tali Putri, tanaman liar pengganggu dapat dimanfaatkan untuk ramuan tradisional obati banyak penyakit. (Fot: istimewa)
Gemawilis -
Sering dibuat bahan mainan masak-masakan oleh anak kecil karena bentuknya menyerupai mie kuning, ternyata tumbuhan menjalar bernama Tali Putri ini punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Tali Putri memiliki nama latin Cuscuta, merupakan salah satu Genus tumbuhan berbunga yang memiliki lebih dari 150 sepesies, Tali Putri merupakan parasit yang menumpang hidup pada tanaman inang.

Ada 15 spesies Cuscuta sp. yang tersebar di dunia, tumbuhan ini merupakan parasit berbahaya bagi tanaman induk yang dapat kehilangan hasil hingga 80%. Selain menghisap nutrisi tanaman inang, Tali Putri dapat mengkontaminasi benih. Akibatnya tanaman ini sangat mudah tersebar dimana-mana.

Namun meski tali putri adalah tumbuhan yang sering merugikan, tapi disisi lain juga mempunyai banyak manfaat sebagai obat tradisional. Spesies Tali Putri yang dapat digunakan sebagai tanaman obat yaitu Cuscuta Chinensis, yang telah banyak diteliti sebagai tanaman obat. Karakternya utama Tali Putri dalam melakukan menghisap makanan pada tumbuhan lain tenyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker.

Selain penyakit kanker, tali putri juga dapat menyebutkan ginjal, sebagai pembersih darah, pereda demam, antiradang, peluruh kencing, hingga dapat menghentikan pendarahan dan banyak lagi.

Caranya pun cukup gampang, yakni dengan cara dipotong-potong kecil kemudian dicuci dan dikeringkan dengan menjemurnya secara tidak langsung atau hanya diangin-anginkan sampai benar-benar kering saat proses pengeringannya.

Perlu di ingat, jika hendak mengolah dan mengkonsumsi tumbuban ini. Harus ekstra teliti pasalnya tumbuhan ini bisa bersifat beracun jika inang/tumbuhan yang ditumbuhinya merupakan tumbuhan yang memiliki racun. Apalagi zat alkoloid yang terkandung pada Tali Putri sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, efek samping bisa mengakibatkan kejang-kejang dan jika dikonsumsi secara berlebih efeknya pun bisa mengakibatkan kematian. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT