Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, June 8, 2021

Sering Bikin Onar, Ini Cara Ampuh Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

Ilustrasi gambar/pixabay
Gemawilis -
Menyebalkan memang, jika di rumah banyak tikus. Selain menjijikan keberadaan tikus di rumah juga sangat menganggu dan merugikan, apalagi sering mencuri makanan yang disimpan.

Tikus adalah binatang pengerat yang sering bikin onar dimama-mana, tidak hanya makanan saja yang dia sasar namun apapun bisa dia gigit. Hal menyebalkan jika tikus menggigit arus kabel listrik sehingga lampu mati dan susah untuk diketahui dimana posisi kabel yang dia mengigit. Parahnya lagi dan paling membuat emosi adalah jika binatang ini mengigit pakaian yang masih layak untuk di pakai.

Nah, gak usah panik. Begini cara mudah untuk membasmi tikus yang sering bikin onar di rumah. Tak perlu menggunaka racun atau jebakan tikus, karena tikus bisa kita usir dengan hanya menggunakan bahan alami yang mudah kita jumpai di lingkungan kita.

Karena umumnya tikus jika dibasmi dengan racun akan mati ditempat yang tersembunyi sehingga akhirnya akan menimbulkan bau busuk tak sedap. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir tikus.

1. Daun Sirsak
Ambil beberapa lembar daun sirsak kemudian taruh di setiap sudut ruangan atau tempat yang sekiranya sering dilewati oleh binatang pengerat ini. Jika tau sarangnya akan lebih ampuh.

Daun sirsake mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai tikus sehingga tikus akan pergi dari rumah.

2. Daun Salam
Tak hanya digunakan sebagai bahan penyedap rasa pada saat memasak, daun salam ternyata juga ampuh untuk mengusir tikus.

Kandungan ekstrak etanol yang terdapat pada daun salam diyakini bisa merusak indra penciuman binatang menjijikan ini. Sehingga tikus tidak bisa mencium lagi aroma yang ada di rumah kita yang menjadikan tikus enggan untuk masuk ke rumah. Caranya sama seperti saat meggunakan daun sirsak diatas.

3. Putri Malu
Tanaman yang satu ini tak kalah ampuh untuk membasmi tikus. Karena tikus ternyata takut dengan duri yang ada pada tumbuhan putri malu.

Caranya taruh di sudut yang sering dilewati oleh tikus. Tapi setiap sudut harus diberi lebih dari satu tumbuhan putri malu supaya durinya lebih dan membuat tikus jera untuk lewat lagi.

4. Teh Celup Bekas
Jangan buru-buru buang bekas kantong teh celup, karena kantong teh celup bekas selain bisa dipakai untuk mengusir serangga dan laba-laba juga bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Cara menggunakannya cukup simpel, letakkan bekas kantong teh celup di area yang sering dilewati tikus, niscaya binatang ini tidak berani lagi berada di rumah kita. Karena bau dari kantung teh celup akan membuat hidung hewan pengerat ini menjadi iritasi.

5. Bawang Merah
Tak hanya mata manusia yang merasa pedas dan berair, tapi mata tikus juga akan merasa pedas dan tak bisa melihat jika menyentuh kupasan atau irisan bawang merah.

Bumbu dapur ini mempunyai kandungan berrnama flavonoid dan fenol yang bisa membuat mata manusia dan juga mata tikus kepedasan dan berair gara-gara dua senyawa tersebut.

Cara penggunaannya sangat mudah, kupas atau potong menjadi beberapa belahan kemudian tempatkan irisan bawang merah di area yang sering dilewati oleh tikus.

Itulah beberapa tips murah meriah yang bahannya mudah untuk ditemukan dan dapat digunakan untuk mengusir tikus agar jera dan tidak lagi bikin onar di dalam rumah. (Ds/gw)

Topik Lain