Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, June 3, 2021

Sejarah Singkat Desa Sugihwaras yang Dulunya Bernama Desa Ngablak

Gapura selamat datang Desa Sugihwaras, Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. (Fot: AL)
Gemawilis -
Sebagaimana desa-desa lain di Tanah Jawa, desa yang satu ini juga mempunyai arti dan asal usul dengan nama yang disandangnya, yakni Sugihwaras yang jika dipisah berarti Sugih (kaya) dan Waras (Sehat).

Desa Sugihwaras sendiri berada di wilayah Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dengan topografi secara umum merupakan daerah dataran.

Batas wilayah Desa Sugihwaras, sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sidorejo Kecamatan Saradan, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sebayi Kecamatan Gemarang, sebelah Barat Desa Kaligunting Kecamatan Mejayan, dan sebelah Timur Desa Nampu Kecamatan Gemarang.

Sebelum resmi menggunakan nama Sugihwaras, ternyata dulunya Desa Sugihwaras bernama Desa Ngablak. Berikut sejarah singkat Desa Sugihwaras, dari sumber dan hasil penelusuran beberapa artikel yang telah berhasil kami dapatkan.

Menurut cerita yang diwariskan secara turun temurun, sejarah Desa Sugihwaras tidak lepas dari keberadaan Dusun Saradan yang sebagai Pusat Ibukota dan sekaligus Kecamatan.

Saradan sendiri berasal dari kata Sarad (Nyarad = menarik kayu dengan lembu) yang berarti tempat dimana terdapat aktivitas menarik kayu dengan menggunakan hewan lembu atau Sapi.

Baru sekitar tahun 1930 an, nama Sugihwaras atau Desa Sugihwaras yang dahulunya bernama Desa Ngablak mulai digunakan dan Saradan menjadi bagian dari Sugihwaras.

Pada cerita yang digali oleh masyarakat, perubahan nama Desa Ngablak menjadi Desa Sugihwaras untuk memberi harapan hidup yang lebih baik.

Sugihwaras berasal dari kata “Sugih" yang artinya “Kaya" dan “Waras“ yang artinya “Sehat". Dengan arti tersebut, diharapkan dalam segala hal masyarakat menjadi kaya, tidak hanya kaya harta tetapi juga kaya hati termasuk sabar dan tawakal serta tidak terkena sakit dan terhindar dari segala malapetaka.

Perubahan nama Desa Ngablak menjadi Desa Sugihwaras diharapkan membawa kehidupan yang lebih baik dimana masyarakat desa dapat menjadi berkecukupan dan selalu sehat dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. (AL/gw)

Topik Lain