Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, June 24, 2021

Rasa Manis Buah Talok Menyimpan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Gemawilis -
Berperan sebagai peneduh halaman depan rumah buah Ceri versi Indonesia atau biasa disebut buah Kersen dan lebih familiar dengan sebutan buah Talok.

Mempunyai citarasa yang cenderung manis, dan memiliki warna sangat menarik ketika telah matang. Buah talok sangat digandrungi para anak-anak dan tak jarang orang dewasa pun suka sekali bergelantungan memanjat pohon yang memiliki ranting dan percabangan yang lebat ini.

Buah ini sebetulnya bisa membuat mereka yang mengkonsumsinya sakit perut, yaitu karena kebanyakan anak-anak yang sering memungut buah yang telah jatuh ke tanah. Bukan karena buahnya mengandung racun atau sejenisnya, melainkan cara mengkonsumsinya yang tidak higienis banyak anak-anak setelah makan buah ini mengalami gangguan perut.

Buah talok sendiri memiliki banyak sekali mengandung senyawa zat baik bagi kesehatan, jika cara mengkonsumsinya secara benar. Salah satunya dengan cara dicuci hingga bersih.

Menurut pakar ahli gizi dalam setiap 100gram buah Talok terkandung 77,8g Air, 0,324g Protein, Lemak 1,56g, Serat 4,6g, Kalsium 124,6 mg, Fosfor 84,0 mg, Zat besi 1,18 mg, Karotin 0,019 mg, Vitamin B1/Tiamin 0,065 mg, Riboflavin 0,037 mg, Niacin 0,554 mg dan Vitamin C (Ascorbic Acid atau antioksidan) 80,5 mg.

Memiliki kandungan gizi yang tinggi buah kersen atau talok ini diketahui dapat memberi manfaat sebagai  antiseptik atau antibakteri juga memiliki antispasmodik (kejang pada saluran cerna yang mungkin disebabkan diare, gastritis). Selain itu buah ini juga memiliki manfaat antara lain meringankan sakit kepala, meringankan gejala awal flu dan pilek, anti diabetes dan anti inflamasi (anti peradangan) dan masih banyak lagi.

Selain memiliki manfaat yang terkandung dalam buah. Daun buah talok juga dapat dimanfaat sebagai obat tradisional yang cara pengolahan sebagai berikut ambil daun sebanyak 7-10 lembar, kemudian tambah dengan 1 gelas air, kemudian rebus. Nantinya teh daun Talok ini akan menjadi1/2 gelas dan wajib diminum dua kali sehari. Dan setelah bisa dikatakan sembuh teh daun talok dapat diminum seminggu sekali. Rutin mengkonsumsi rebusan daun talok ini juga dapat mengontrol tekanan pada gula darah.

Diberbagai negara buah kersen memiliki beberapa nama yang berbeda tentunya, seperti kakhop dari Kamboja, takop terang dari Thailand, buah cheri/kerukup siam dari Malaysia dan masih banyak lagi. Bahkan buah tersebut ditanam sebagai tanaman budidaya yang memang diambil hasil dari buahnya. (Ds/Tim/gw)

BERITA TERKAIT