Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Monday, June 7, 2021

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Trash Hero Madiun Punguti Sampah di Gligi Forest Park Desa Kepel

Trash Hero Madiun peduli lingkungan adakan kegiatan peringati hari lingkungan hidup di wisata Gligi Forest Park
Gemawilis -
Kecintaannya dengan lingkungan tak bisa dibendung, setiap week end sekelompok anak muda di Madiun ini terus mencari dan mendatangi fasilitas umum seperti lokasi wisata, alun-alun, taman dan tempat-tempat umum lainnya untuk memungut sampah plastik kemudian dijadikan Ecobrick.

Bintang Nusantara Hasyim, Ketua Komunitas Trash Hero Madiun mengatakan hal tersebut sebagai wujud kecintaan mereka terhadap lingkungan sekaligus untuk mendukung pemerintah setempat dalam mengatasi sampah, khusunya sampah plastik.

"Selagi kami mampu dengan senang hati melakukan hal ini. Kebetulan kegiatan ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup, jadi kita adakan kegiatan bersama pihak pengelola Gligi Forest Park, "kata Bintang, disela kegiatan bersama teman-temannya di Taman Gligi Forest Park. Minggu (6/6/2021).

Bintang menambahkan, selain bertujuan untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap limbah plastik di lingkungan, bencana banjir yang belakangan sering melanda beberapa wilayah di Kabupaten Madiun juga jadi salah satu alasan mereka memungut sampah di tempat-tempat umum.

"Bencana alam yang kerap terjadi, salah satunya akibat budaya membuang sampah sembarangan di masyarakat sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem dan menimbulkan berbagai bencana, "ujarnya.
Sementara itu, Mas Roni Pengelola Taman Gligi Forest Park yang terletak di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun menuturkan sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Trash Hero Madiun. Ia menilai kegiatan mereka bisa dijadikan contoh anak muda yang lain, sehingga bisa saling mendukung satu sama lain dalam hal positif.

"Kegiatan yang baik, apalagi mereka masih muda-muda. Paling tidak bisa jadi edukasi ke masyarakat terkait sampah plastik di lingkungan. Dan yang lebih penting lagi adalah, bahwa sampah plastik tenyata bisa dimanfaatkan untuk kerajinan yang bermanfaat, "tutur Roni yang juga Ketua Pokdarwis Catur Manunggal Desa Kepel tersebut.

Roni sendiri mengatakan jika Taman Gligi Forest Park yang ia kelola memang sudah menyediakan tempat sampah untuk pengunjung, namun kadang masih ada saja masyarakat yang membuang sampah sembarangan. "Sudah ada bak sampah, tapi namanya juga orang banyak jadi kadang ya masih ada saja yang bandel, "jelasnya. (Tim/gw)

Topik Lain