Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Thursday, June 17, 2021

Perhatian Pemerintah Pusat Pada Porang Madiun, Mentan RI Ikut Panen Porang di Desa Klangon Saradan

Gemawilis -
Menteri Pertanian (Mentan) RI DR. H. Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Koordinator Pemberdayaan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Prof. DR. Muhajir Effendi, M. AP., kunjungi lahan perkebunan Porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun dalam rangka Gerakan Panen Porang, Kamis (17/6/2021).

Hadir pula, dalam Kunjungan Kerja (Kunker) tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mendampingi Mentan RI dan Menteri Koordinator PMK RI berdialog dengan para petani Porang daerah Desa Klangon Saradan.

Disela kegiatan, Mentan mengatakan jika Presiden Joko Widodo sudah memberikan instruksi langsung ke pihaknya untuk memberikan perhatian khusus pada sektor komoditas porang dan sarang burung walet sejak 2020 untuk diekspor.

"Porang adalah jenis tanaman hutan tropis yang tidak dimiliki oleh semua negara. Oleh sebab itu, Bapak Pesiden Jokowi Widodo mengupayakan untuk menjadikan porang sebagai komoditas andalan Indonesia, "kata Mentan Syahrul.

Pemerintah RI bertekad agar porang menjadi harta karun baru guna meningkatkan ekonomi bangsa. Karenanya, Kementan akan memberikan intervensi yang besar untuk komoditas tersebut.

Pihaknya juga mengapresiasi pembudidayaan porang yang masif di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Madiun yang telah memiliki dan mematenkan bibit porang unggulan asli Kabupaten Madiun yang diberi nama Porang Madiun 1.

Sesuai data, lahan porang di Kabupaten Madiun pada tahun 2020 sudah mencapai 5.263 hektare. Di tahun ini, 2021, target lahan porang akan diperluas dengan menambahkan luasan lahan tanam sampai 800 hektare.

"Kami siap menjadikan support yang lebih kuat. Saya rasa Jatim harus jadi contoh Indonesia. Karena terbukti nyata, di Desa Klangon Madiun ini dulunya adalah daerah miskin, ternyata sekarang ini Pak Bupati telah mampu terakselerasi dengan porang, "kata Mentan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Madiun, Mentan juga memberikan bantuan kepada Pemkab Madiun. Bantuan Rp 11.921.919.000 diserahkan kepada Bupati Madiun untuk diperuntukan pada sektor pertanian. (Tim/gw)

Rekomendasi