Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, June 17, 2021

Pemkab Madiun Tanam Akar Wangi di Randu Dampit Asri Desa Durenan Kecamatan Gemarang

Gemawilis -
Cegah bencana, Pemerintah Kabupaten Madiun bersama Perusahaan Umum Jasa (PUJ) Tirta 1, TNI, Polri, Perhutani, pelajar, pesilat, Forkopimcam Gemarang, masyarakat setempat, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun, kembali menanam bibit Akar Wangi di daerah rawan bencana longsor.

Setelah sebelumnya akar wangi ditanam di Dusun Dolog, Desa Cermo, Kecamatan Kare, pada pertengah Maret 2021 lalu, kini sebanyak 3000 bibit Akar Wangi kembali ditanam di Desa Durenan Kecamatan Gemarang, tepatnya di Embung Desa sekaligus area taman desa Randu Dampit Asri. Kamis (17/6/2021).

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto dan diwarnai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada PUJ Tirta I atas partisipasi dan peran serta dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Madiun.

Tak hanya itu, acara penanaman bibit akar wangi yang digelar di Desa Durenan itu selain bertujuan untuk mencegah bencana juga sekaligus untuk memperingati Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Dunia 2021. Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, juga menyebar benih ikan di kolam Randu Dampit Asri.

Wakil Bupati menjelaskan, akar wangi (vetiver) ini diklaim bisa menjadi tanaman penahan longsor serta dapat mereduksi pencemaran tanah. Karena akar dari tanaman bernama ilmiah Chrysopogon zizanioidesdari famili Poacease ini bisa menghujam dan mencengkeram tanah hingga kedalaman mencapai 5 meter lebih.

"Akar Wangi memiliki kekuatan dan kedalaman akar yang luar biasa untuk mencegah banjir dan tanah longsor. Kriterianya cocok di tanah di Desa Durenan dengan kontur berbukit. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan sehingga benar-benar bisa meminimalisir bencana, "tutur Wakil Bupati Madiun. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT