Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Tuesday, June 22, 2021

Menghambat Pertumbuhan Umbi, Spora Porang Kurang Diminati Meski Harganya Selangit

Spora bunga porang.
Gemawilis -
Dalam dunia pertanian khususnya budidaya tanaman Porang, umbi yang telah berumur diatas 3 tahun umumnya banyak tumbuh bunga atau petani biasa menyebutnya dengan nama Spora Porang.

Spora sendiri ialah satu dari beberapa sel yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Di dalam bunga spora porang terdapat semacam selaput kulit tipis dengan dagingg berserat halus membungkus biji kecil. Dari biji kecil inilah yang menjadi cikal bakal tumbuhnya tanaman porang selanjutnya.

Spora porang sendiri tumbuh tidak dapat diprediksi dengan pertumbuhan umbi yang membesar, bahkan beberapa petani menemukan spora pada umbi yang masih berukuran kecil sekitar 1kg. Padahal umumnya pada ukuran seperti itu harusnya umbi masih dalam proses pembesaran atau pertumbuhan. Hal tersebut kemungkinan dipengaruhi beberapa faktor mulai dari usia umbi, tanah, cuaca, dan bisa juga perawatan.

Banyak petani mengeluh jika yang tadinya mengharapkan pada tumbuhnya pembesaran umbi, namun yang terjadi malah tumbuhnya bunga spora. Pasalnya saat umbi porang sedang mengalami pembuahan dan tumbuh bunga (spora), umbi akan mengalami keterlambatan pertumbuhan bahkan ada juga yang mengatakan umbi malah menyusut. Namun statement tersebut belum ada bukti ilmiah melainkan baru asumsi yang berdasarkan fakta lapangan.

Sebelum tumbuh spora, porang memerlukan waktu istirahat sekitar 2,5 - 3 bulan setelah dorman pubil katak atau ripah (jawa), kemudian porang mengalami fase dimana munculnya kuncup bunga atau Spadix 56-71 hari setelah masa istirahat dorman tadi. Lalu dimasa antara 22-26 hari merupakan waktu pertumbuhan spadix setelah kemunculannya. Memerlukan waktu kurang lebih 1 pekan untuk spadix keluar dari selubung dan saat itu pula ada masa dimana spadix mengalami pertumbuhan. Kemudian memerlukan satu minggu lagi spadix mencapai ukuran maksimum hingga keluar dari selaput sarungnya. Saat masa pemekaran bunga waktu yang diperlukan berkisar 3-4 hari saja. Dan terakhir dimana waktu terlama porang dalam bentuk bunga mematangkan bunga yang telah mekar memakan waktu hingga 7-10 bulan. Setelah itu umumnya telah hampir memasuki pertengahan kemarau dimana bunga porang akan dormansi. Dan bisa jadi jika umbi tidak dibongkar musim selanjutnya akan berulang sama.

Meskipun spora porang memiliki harga yang lumayan fantastis, update per Juni 2021 biji spora kering mencapai harga 500 hingga 600 ribu per kg, namun para petani kurang minat. Pasalnya jika umbi tadi yang seharusnya tumbuh bukan spora umbi dorman diprediksi akan mencapai berat 3x lipat dari sebelum tanam. Namun jika tumbuh spora umbi akan stagnan bahkan menyusut, jika ada yang tumbuh membesar bisa dipastikan hanya beberapa persen saja.

Namun kembali kepada bab tadi, kemunculan bunga spora tidak dapat diprediksi kapan dia akan muncul, kadang 2, 3 musim sudah tumbuh, bahkan ada yang hingga 4 sampai 5 musim belum ada tanda tumbuhnya spora. (Ds/Tim/gw)

Rekomendasi