Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Sunday, June 6, 2021

Lateng, Tumbuhan Penyebab Gatal dan Sering Dibenci Namun Kaya Manfaat untuk Berbagai Penyakit

Lateng, tumbuhan liar kaya akan manfaat untuk mengobati segala penyakit. (Fot: istimewa)
Gemawilis -
Banyak orang yang menganggap tumbuhan liar daun Jelatang atau biasa orang Jawa lebih mengenal dengan sebutan daun Lateng itu sangat berbahaya dan wajib dimusnahkan. Banyak masyarakat khususnya yang sering beraktifitas di perkebunan selalu menghindari tumbuhan liar ini.

Memang daun ini sangat berbahaya bagi siapapun yang menyentuhnya atau tidak sengaja tersentuh langsung dengan kulit. Efek yang terjadi pasti langsung gatal-gatal, perih dan bengkak memerah.

Namun dengan sifat asli yang berbahaya daun Laten jika diolah dengan benar memiliki khasiat tersembunyi yang berkhasiat sebagai obat tradisional berbagai jenis penyakit. Bahkan di negara seperti Nepal dan India tanaman ini diolah menjadi sayur. Salah satu caranya direndam dengan air dapat menghilangkan racun yang terkandung dalam daun tersebut.

Populasi daun Jelatang banyak tumbuh dikawasan Asia dan salah satunya di Indonesia yang terkenal dengan hutan Tropisnya. Tumbuhan ini sering ditemukan di semak belukar maupun di kebun pinggiran hutan.

Jika hendak dikonsumsi sebagi obat tradisional daun Lateng harus dikeringkan dan cara mengkonsumsinya diseduh bersama daun teh. Adapun beberapa penyakit yang telah teruji dengan rutin mengkonsumsi daun dan akar Lateng ini ialah penyakit gejala yang disebabkan Pembesaran Prostat seperti susah buang air, inkontinensia urine atau buang air tidak tuntas.

Adapun khasiat lain daun Lateng ini ialah mengatasi rematik dan osteoartritis, anti alergi, menghentikan pendarahan dan masih banyak lagi khasiat yang dihasilkan daun Lateng ini yang tentunya melewati masa pengolahan terlebih dahulu.

Bertolak belakang dengan bahaya yang ditimbulkan namun dengan begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam daun Lateng ini secara tidak langsung tumbuhan ini memberikan jalan kesembuhan bagi orang yang menganggapnya daun obat, karena efek bahaya daun Lateng merupakan bentuk melindungi diri ancaman musuhnya. (Ds/gw)

Topik Lain