Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Saturday, June 19, 2021

Kunjungi Pabrik Porang di Madiun, Mentan Berharap Dunia Tau Bahwa Porang Berasal dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat berada di pabrik pengolahan porang Desa Klangon Kecamatan Saradan. (Fot: istimewa).
Gemawilis -
Kementerian Pertanian RI terus berupaya mendorong industri pengolahan komoditas porang. Hal tersebut seperti yang dikatakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat berada di pabrik pengolahan porang di Desa Klangon Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Kamis (17/6/2021).

Mentan berharap porang di Indonesia dapat di ekspor ke seluruh pasar mancanegara namun dengan bentuk olahan atau chips. Terlebih lagi Indonesia adalah negara subur dan memiliki kecocokan untuk mengembangkan budidaya porang.

"Saya berharap semua orang di dunia ini tahu bahwa Porang berasal dari Indonesia. Tentu saya juga mendorong semua pihak dengan kekuatan pertanian yang semakin maju, mandiri dan modern ini mampu menghasilkan porang yang berkualitas, "ujar Syahrul Yasin Limpo.

Hal terebut menurut Mentan, sesuai dengan pesan dan arahan dari Presiden Joko Widodo yang menaruh perhatian khusus terhadap perkembangan komoditas porang dan sarang burung walet. "Pesan spesifik Bapak Presiden adalah kembangkan komoditas porang dan walet secara optimal, "tambahnya.

Saat ini Kementerian Pertanian RI terus berupaya mendorong budidaya porang salah satunya dengan melepas varietas unggul Madiun1 yang memiliki keunggulan lebih cepat panen dengan hasil yang lebih berkualitas.

Sementara itu, di Kabupaten Madiun sendiri luas lahan budidaya porang terus mengalami peningkatan yang signifikan. Sesuai data, tercatat, luas tanam tahun 2021 di Kabupaten Madiun mencapai 752 hektare dan akan ditambah menjadi 800 hektare pada tahun 2022 mendatang. (Tim/gw)

Rekomendasi