Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, June 08, 2021

Kuliner Khas Madiun yang Bikin Ngiler dan Nagihin Orang Luar Daerah

Wisata kuliner di Madiun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan luar daerah. (Fot: istimewa).
Gemawilis -
Berkaitan tentang Madiun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kuliner khas Madiun yang populer hingga ke penjuru nusantara bahkan mancanegara.

Selain dikenal sebagai Kampung Pesilat dan Kota Pendekar, Madiun juga dikenal dengan kuliner khas nya. Makanan khas yang dimiliki oleh Madiun ini bahkan menjadi salah satu alasan para wisatawan untuk datang ke Madiun.

Ada beberapa makanan dan jajanan khas Madiun yang perlu diketahui dan wajib dicicipi oleh para wisatawan dari luar daerah jika berada di Madiun. Bahkan bagi sebagian orang yang sudah pernah terlanjur mencicipinya dijamin bakal ketagihan dan bakalan pingin datang lagi ke Madiun.

Berikut beberapa diantaranya daftar kuliner dan jajanan khas Madiun;

1. Nasi Pecel
Kuliner khas Madiun ini sangat digemari semua kalangan bahkan Pecel Madiun telah terkenal hingga Negri Paman Sam. Bahkan di beberapa kota di Indonesia nasi Pecel telah lama bersanding dengan nasi Uduk dan Bubur Ayam menjadi makanan pembuka di pagi hari.

2. Brem Madiun
Jajanan ini menjadi simbol oleh-oleh khas Madiun sejak lama. Jajanan berbahan dasar dari tape ketan ini selalu ada di toko oleh-oleh di Madiun. Bahkan sekarang di Kabupaten Madiun tepatnya desa Kaliabu dan Bancong Mejayan telah mendapat gelar Desa Brem yang mana hampir semua warga desa memproduksi jajanan ini.

3. Pentol Corah
Bagi pecinta pedas kalian wajib menjajal jajanan ini. Pentol Corah mempunyai tekstur kenyal, empuk dan pedas tentunya, merupakan makanan asli Madiun yang populer hingga ke kota-kota tetangga. Kata Corah sendiri berasal dari salah satu kampung di Kelurahan Rejomulyo, klKecamatan Kartoharjo Kota Madiun yang kini identik dengan sebutan Desa Corah.

4. Lempeng Puli
Berbahan dasar beras Lempeng Puli hadir bersama nasi Pecel. Mempunyai citarasa enak dan gurih Lempeng Puli serumpun dengan jenis kerupuk. Lempeng Puli bisa ditemukan dalam bentuk kerupuk yang telah digoreng maupun masih mentah siap goreng.

5. Kue Manco
Asal mula kue satu ini konon kabarnya jaman dahulu merupakan hidangan di kerajaan Madiun. Namun sejak runtuhnya kerajaan Madiun kue Manco menjadi hidangan masyarakat biasa dan resep nya diwariskan hingga turun temurun hingga sekarang. Kue Manco sendiri terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan tepung beras, serta gula jawa yang cair untuk bahan lumuran dan wijen untuk bahan taburan.

6. Nasi Jotos
Makanan street food ini sering dijumpai di warung pinggir jalan. Dinamakan nasi Jotos karena bentuk bungkusan nasi sebesar kepalan orang dewasa yang siap menjotos. Nasi jotos umumnya berisi lauk mie, kering tempe, sambal dan telur. Harganya juga murah meriah mulai 3.000 - 5.000 rupiah saja.

Itulah beberapa makanan serta jajanan khas Madiun yang wajib dicoba saat berkunjung ke Madiun. Dijamin bakal ketagihan dan akan selalu nagihi dan tentunya bakal ngangenin. (Ds/gw)