Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, June 16, 2021

Jokowi Serius Ingin Porang Menjadi Komoditas Unggulan Nasional

Gemawilis -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Porang menjadi komoditas unggulan nasional. Hal tersebut seperti yang dikatakan baru-baru ini oleh Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal Purn Moeldoko, yang juga Kepala Staf Presiden (KSP).

Dilansir dari detik. com, Rabu (16/6/2021), KSP Moeldoko mengatakan Jokowi saat ini memiliki perhatian yang sangat besar terhadap peningkatan berbagai komoditas pertanian dan salah satunya adalah porang.

Menurut Moeldoko, Jokowi dan seluruh jajaran istana mendorong kemajuan sektor pertanian untuk memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Selain porang, Jokowi juga ingin sarang burung walet menjadi komunitas unggulan nasional.

"Saya baru rapat dengan Presiden 2 minggu lalu dan membicarakan porang serta sarang burung walet. Bayangkan Istana rapat hanya membicarakan porang dan sarang burung walet. Ini kan sangat serius. Presiden sangat serius ingin budi daya porang dan walet ini menjadi komoditas unggulan nasional, "kata Moeldoko dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021). Seperti diberitakan detik. com.

Moeldoko menjelaskan, tanaman porang saat ini sudah berkembang di semua wilayah, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. Porang mendadak tenar seiring banyaknya pabrik dan perusahaan besar dunia membutuhkan umbi porang untuk dijadikan bahan baku makanan.

"Sekarang tepung mie saja bisa dibuat dari porang. Dan itu lebih sehat dibanding mie biasanya. Kemudian permintaan sarang burung walet juga kian hari kian meningkat, "kata KSP Moeldoko. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT