Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Monday, June 21, 2021

Efek Bau Mengkonsumsi Jengkol dan Petai Sebanding Dengan Manfaat yang Didapat

Gambar ilustrasi/pixabay.
Gemawilis -
Dari sekian juta penduduk Indonesia, siapa sih yang tidak mengenal Jengkol dan Petai? Banyak orang mengetahui bahkan menjadikan kedua jenis polong-polongan ini sebagai makanan favorit, namun ada juga beberapa orang sangat anti dengan kedua makanan ini karena efek dari bau yang diakibatkan setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Jengkol umumnya banyak diolah menjadi lauk makanan utama semur Jengkol contohnya, maupun sebagai campuran pelengkap masakan, sedangkan Petai cenderung lebih dikenal sebagai lalapan makanan, namun banyak juga orang menambahkan Petai kedalam campuran lauk seperti oseng, sambal goreng, dan lain-lain.

Selain memiliki peran penting dalam masakan, kandungan zat dan gizi pada kedua makanan tersebut ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Untuk Jengkol sendiri, Jengkol dapat melancarkan buang air besar, mencegah resiko penyakit Diabetes, mencegah penyakit jantung, dan dapat membuang toksin atau racun yang ada dalam tubuh.

Namun mengkonsumsi Jengkol harus dengan porsi yang wajar. Pasalnya jika dikonsumsi secara berlebih efek sampingnya dapat mengakibatkan susah buang air kecil dengan disertai rasa nyeri beserta bau yang khas. Biasanya para penggemar Jengkol dapat mengatasinya dengan memperbanyak minum air putih.

Sedangkan untuk Petai juga memiliki beberapa kabaikan bagi kesehatan. Kandungan gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa dalam Petai dapat menambah energi yang diperlukan tubuh.

Selain itu, Petai juga memiliki sumber gizi lainya seperti vitamin A, Karbohidrat, Kalium, Fosfor dan Zat Besi sangat baik bagi kesehatan. Apalagi Petai juga dipercaya dapat menambah nafsu makan, yang biasanya dikonsumsi sebagai lalapan sambal.

Meskipun memiliki kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Mengkonsumsi Petai secara berlebih juga tidak sangat dianjurkan apalagi untuk pengidap penyakit Ginjal. Selain itu Petai juga dapat memperparah penderita Asam urat, Rematik dan penderita sakit kepala.

Namun jangan salah, mengkonsumsi Petai juga mendapat manfaatnya jika dikonsumsi secara wajar. Salah satunya dapat membantu menurunkan asam lambung, mencegah dan mengatasi stres, mencegah kurang darah, mencegah sembelit, serta dapat melancarkan BAB.

Selain itu perlu diingat juga setelah mengkonsumsi Petai sama seperti setelah makan Jengkol, efek bau mulut dan air seni yang lumayan menyengat menjadi sangat tidak nyaman. Maka memperbanyak minum air putih adalah solusi utama. (Ds/Tim/gw)

Rekomendasi