Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Saturday, June 19, 2021

Banyak Persepsi Menganggap Buah Kluwih Versi Lain dari Buah Sukun

 Pohon kluwih (fot: istimewa).
Gemawilis -
Buah Kluwih mempunyai nama latin Artocarpus Camansi yang kebanyakan orang mengenal buah ini sebagai sayur daripada buah, karena pada dasarnya buah ini memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung seperti buah pada umumnya.

Banyak persepsi orang menganggap buah Kluwih merupakan versi lain dari buah Sukun. Sekilas ciri dari kedua buah tersebut memanglah hampir sama, mulai dari warna buah, bentuk buah, bentuk dan warna pohon, bentuk dan warna daun bahkan percabangan dan getah pun hampir menyerupai. Namun jika diamati lebih detail buah Kluwih dan Sukun berasal dari spesies tanaman yang berbeda jenis.

Jika orang awam ingin mencari perbedaan yang mencolok ialah dari bentuk buah luar dan dalam, pada buah Kluwih duri pada kulit buah lebih menonjol terlihat sedangkan Sukun memiliki duri yang cenderung seperti motif saja. Dan jika dibelah Kluwih bisa dipastikan memiliki biji yang banyak juga dimanfaatkan untuk makanan ringan.

Selain memiliki kemiripan dengan buah Sukun, Kluwih juga masih bisa dikatakan masih bersaudara dengan buah Nangka, Cempedak dan buah Durian.

Buah Kluwih pada umumnya dapat berbuah jika umur pohon telah mencapai lebih dari 2 tahun dari biji, dan pohon yang telah berumur batang atau dahan utama dapat tumbuh subur hingga puluhan meter. Dengan ditopang akar tunggang yang dalam ditambah dengan akar samping yang melebar yang kebanyakan menonjol keluar dari tanah.

Meskipun memiliki batang pohon yang bergetah, kayu pohon Kluwih biasa dimanfaatkan sebagai bahan alat rumah tangga seperti gagang alat masak. Bahkan ada juga yang memanfaatkan pohon Kluwih yang telah besar untuk membuat semacam perahu kecil seperti sampan. Karena pada dasarnya kayu ini memiliki karakter kuat, ringan dan tidak mudah patah. (Ds/Tim/gw)

Rekomendasi