Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, May 28, 2021

Terletak Diantara Dua Pegunungan Besar, Inilah Rangkuman Singkat Madiun dan Segala Isinya

Gemawilis -
Sedikit wawasan buat yang ingin mencari tahu tentang Madiun. Kami merangkum secara singkat dan kami ambil sebagian inti yang mungkin dapat membantu bahkan menambah wawasan pembaca.

Madiun merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang sangat familiar dengan bumi kandung ampung para Pesilat. Dan juga Madiun terkenal dengan Kota Pecel Indonesia yang kini melekat di ingatan setiap orang. Tidak hanya itu banyak sekali sebutan untuk Madiun yang konon ceritanya pada zaman dahulu lebih dikenal dengan nama Medhiyun yang artinya Hantu yang Berayun.

Madiun mempunyai dua pemerintahan yang terbagi dari Kota dan Kabupaten. Di lingkup Kota Madiun mempunyai 3 Kecamatan yaitu Taman, Kartoharjo, dan Mangunharjo. Serta di lingkup Kabupaten memiliki 15 Kecamatan antara lain Kecamatan Madiun, Jiwan, Sawahan, Geger, Kebonsari, Dolopo, Dagangan, Wungu, Kare, Gemarang, Saradan, Pilangkenceng, Balerejo, Wonoasri dan Mejayan.

Madiun mempunyai beberapa kesenian asli daerah salah salah satunya ialah Dongkrek. Kesenian dengan pemeranan beberapa tokoh zaman dahulu yang di iringi musik tradisional.

Terletak di tengah-tengah antara dua pegunungan besar Wilis dan Lawu, Madiun memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang eksotis seperti wisata alam Waturumpuk, wana wisata Grape, Monumen Kresek, wisata alam Selo Gedong, hutan Pinus Nongko Ijo, wisata Waduk Widas dan masih banyak lagi.

Bicara wisata kurang afdol rasanya tidak membahas kuliner. Jika Yogyakarta mempunyai Gudeg Madiun punya Pecel yang kini melekat dengan nama Madiun. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung kesini tidak membeli oleh-oleh yang begitu khas dengan Madiun yaitu Brem Madiun dan yang kekinian roti Bluder.

Diberi gelar Bumi Kandung para Pendekar, Madiun mempunyai beberapa organisasi dan perguruan pencak silat terbesar di Indonesia yang asli didirikan di Madiun bahkan terkenal hingga mancanegara, salah satunya Persaudaraan Setia Hati Terate yang dikenal dengan PSHT dan Persaudaraan Setia Hati Winongo PSHW yang terkenal hingga daratan bumi Eropa. Selain kedua organisasi pencak silat diatas, nama besar seperti IKSPI, Pandan Alas, Pangastuti, Merpati Putih dll, juga telah lama melebarkan sayap hingga penjuru Negri.

Berpenduduk lebih dari lima ratus ribu jiwa penduduk Madiun mayoritas bekerja sebagai Petani. Tanaman unggulan seperti Cengkeh, Kopi, Kakao, Padi, Jagung, Pete, Jengkol dan yang terkini adalah tanaman Porang.

Selain itu Madiun juga merupakan pusat dari Karesidenan yang mana seperti Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan ada dalam satu kesatuan di Karesidenan Madiun.

Dan masih banyak lagi hal menarik tentang Madiun yang tidak muat jika harus ditulis semua dalam page ini saja. Jika dapat digambarkan lebih detail lagi kata Madiun mungkin bisa jadi satu buku setebal lebih dari 5cm dan untuk membacanya pun bahkan akan membutuhkan waktu berhari-hari lamanya. (Ds/gw)

Topik Lain