Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, May 27, 2021

Simpel dan Bisa Hasilkan Pundi-Pundi Uang, Pria di Desa Gemarang Tekuni Ternak Kelinci

Warga Desa/Kecamatan Gemarang tekuni ternak kelinci untuk menopang petekonomian keluarganya.
Gemawilis - Melihat ternak kelinci di Dusun Mberan, Desa/Kecamatan Gemarang, Madiun. Ternak kelinci ini memang terlihat sangat simpel, namun cukup menjanjikan, hasilnya pun tidak bisa di anggap remeh. 

Kelinci merupakan hewan mamalia yang lucu dan begitu banyak kita jumpai di negeri ini. Namun ternyata dibalik ke imutan dan kelucuan dari binatang ini, ada sebuah harapan bisnis yang sangat menjanjikan dan mempunyai prospek cerah. 

Seperti halnya yang di geluti oleh Awang, pria di Dusun Mberan, RT 01/ 01, Kecamatan Gemarang ini, Awang sudah sejak setahun lalu mulai merintis ternak kelinci. 

Ditemui di rumahnya, terkenal kelinci milik Awang sudah banyak sekali, anakan-anakan kelinci dari berbagai jenis mulai dari jenis kelinci Bligon, Rex (bulu karpet) dan jenis New Zealand juga ada di sini. 

"Sampai hari ini sudah ada sekitar 60 ekor lebih indukan kelinci. Rencananya dalam waktu dekat ini saya menambah lagi indukan-indukan baru. Target saya nanti minimal akan ada 100 indukan yang siap produk, "kata Awang. Kamis (27/5/2021) siang. 

Harga kelinci milik Awang ini juga variasi, bisanya ia menjual mulai dari harga 70.000 hingga 350.000 bahkan sampai 1.000.000 per ekor tergantung jenis dan umurnya. Pembelinya pun mulai berdatangan dari berbagai area kawasan Madiun dan sekitarnya. 

Untuk perawatannya, rawatan harian cukup simpel yaitu bersihkan kandang tiap pagi kasih makan pagi sama sore. Makanannya pun ada 2 jenis yaitu pakan pabrikan pelet dan pakan asli alami rumput. Kalau makan pelet harus di kasih minum tapi kalau full rumput biasanya gak perlu air minum. 

Sementara untuk masa produksi biasanya kelinci dewasa usia 6 bulan sudah siap produksi. Untuk masa hamilnya kisaran 30 sampai 40 hari, dan untuk jumlah anak tergantung jenis kelincinya, bisa 5 sampai 15 ekor sekali melahirkan. pasangan kelinci yg matang atau ideal yakni betina usia 6 jantan 7 atau 8 bulan. (Eko AL/gw)


Topik Lain