Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, May 28, 2021

Rasakan Sensasi Senja Sepanjang Hari di Kedung Malem, Dua Air Terjun Diapit Dua Tebing

Air terjun Dung Malem di Desa/Kacamata Kare Kabupaten Madiun. (Fot: istimewa).
Gemawilis -
Memiliki dua buah aliran air terjun yang letaknya saling berhadapan satu sama lain. Sunyi dan asri, berada di naungan pohon pinus dengan panorama alamya yang indah. Berada di wilayah pegunungan lereng Wilis, tepatnya di Dusun Suweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Air terjun ini mempunyai banyak nama, air terjun Seweru, Sendang Malam, Serondo, dan Kedung Malam. Namun orang sekitar lebih suka dengan menyebutnya "Dung Malem". Dung Malem berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 400 MDPL (meter dari permukaan air laut).

Saat berkunjung kesini, ada sensasi yang berbeda dan tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya, terutama wisata yang ada di Kabupaten Madiun. Kita akan merasakan senja sepanjang hari, atau suasana gelap seperti hari menjelang malam. Dikarenakan sisi kanan dan kiri terdapat tebing dan rimbun pepohonan sehingga menghalangi sinar matahari yang masuk menjadikan air terjun ini seperti tampak tersembunyi penuh misteri.

Dung Malem, pada saat awal-awal rintisannya sempat ramai dan banyak dikunjungi warga masyarakat untuk berlibur. Jaraknya kurang lebih sekitar 25 KM dari pusat kota madiun atau kurang lebih 35 menit di tempuh menggunakan kendaraan pribadi. Sayang keberadaan air terjun ini kurang semujur tetangganya, yaitu wisata Hutan Pinus Nongko Ijo yang tak jauh letak keberadaannya.

Mungkin, kurangnya perhatian dari pemerintahan setempat dan kurang dapat suport pemerintahan Kabupaten, Dung Malem terkesan lamban dalam pengembangannya, bahkan bisa di katakan hampir mati. (Tim/gw)

Topik Lain