Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, May 04, 2021

Rahasia Agar Umbi Porang Tumbuh Besar, Ternyata Begini Caranya

Gambar umbi tanaman porang (fot: istimewa).
Gemawilis -
Mengulas tanaman yang satu ini memang masih sangat menarik, alasanya karena saat ini tanaman porang memang sedang dan masih menjadi primadona bagi para petani.

Tidak hanya punya nilai jual tinggi, namun tanaman porang juga termasuk golongan tanaman yang sangat mudah untuk ditanam. Bahkan sebagian orang yang tidak punya cukup lahan ada yang membudidayakan tanaman porang cukup hanya dengan media polybag. (Baca: Cara tanam porang dengan media polybag).

Lalu bagaimana cara menanam dan budidayanya tanaman porang supaya bisa panennya sukses. Untuk mengasilkan umbi porang yang bagus dan besar tentu saja perlu memperhatikan cara menanam yang baik dan tepat.

Berikut enam cara yang bisa kita lakukan sebelum melakukan penanaman bibit porang agar hasilnya dapat memuaskan.

1. Pengolahan Tanah
Dianjurkan untuk menggunakan medium tanah yang gembur dan subur serta ditambah dengan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang.

2. Pemilihan Bibit
Untuk menghasilkan umbi porang yang maksimal (besar) sebaiknya memilih bibit yang berukuran 500 gram.

3. Jarak Tanam
Jarak tanam 30 cm x 30 cm untuk umur panen 8 bulan. Namun jika rencana panennya akan dilakukan pada tahun kedua sebaiknya menggunakan ukuran jarak tanam 45 cm x 45 cm dan misal akan dipanen pada tahun ketiga maka jarak tanamnya adalah 60 cm x 60 cm.

4. Kedalaman Tanam
Ukuran yang cukup ideal untuk menanam bibit porang adalah dengan menggunakan kedalaman tanam sekitar 10 cm hingga 15 cm dari permukaan tanah.

6. Penyiangan
Sebaiknya penyiangan dilakukan pada awal pertumbuhan tanaman sebelum kanopi menutup. Pada umumnya dilakukan secara manual pada tanaman porang umur 30, 60, dan 90 hari setelah ditanam.

6. Pengolahan Air
Untuk menghasilkan umbi porang yang bagus dan besar diperlukan tanah dengan kelembaban yang cukup, yaitu kandungan air kurang dari 40 persen kapasitas air lapang.

Itulah 6 cara penanaman porang untuk menghasilkan umbi yang maksimal berdasarkan panduan dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan). Semoga bermanfaat. (Tim/gw)