Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, May 11, 2021

Ponorogo Hari Ini Ditunjuk Kemenag untuk Menyelenggarakan Ruqyatul Hilal Menentukan 1 Syawal 1442 H

Kabupaten Ponorogo ditunjuk pertama kali di tahun ini untuk menggelar ruqyatul hilal. Fot: istimewa/Fb Astra AJ)
Gemawilis -
Kementerian Agama (Kemenag) kembali menunjuk Kabupaten Ponorogo untuk menyelenggarakan ruqyatul hilal pada Ramadhan 2021 untuk menentukan 1 Syawal 1442 H.

Ruqyatul hilal rencana akan dilakukan di Pondok Pesantren Al-Islam yang terletak di Desa Joresan Kecamatan Mlarak pada hari ini, Selasa (11/5/2021) atau 29 Ramadhan 1442 H.

Kepala Kantor Kemenag Ponorogo, Syaikhul Hadi, pada Senin (10/5/2021) kemarin menjelaskan bahwa ruqyatul hilal pada hari Selasa ini sebagai dasar dan pertimbangan sidang isbat yang akan dilakukan Kemenag di Jakarta.

"Kita ditunjuk Kemenag untuk yang pertama kalinya pada tahun ini untuk menggelar ruqyatul hilal sebagai dasar menentukan 1 Ramadan dan 1 Syawal, "ujarnya.

Syaikhul Hadi mengaku memang baru pertama kali. Namun ruqyatul hilal di Ponpes Al-Islam sudah lama dipakai oleh organisasi masyarakat, dan ahli hisab serta ruqyat untuk melihat hilal pada setiap tahunnya.

Karena masih masa pandemi Covid-19, rencana ruqyatul hilal tidak akan mengundang banyak orang. Syaikhul menyebut pihak-pihak yang akan dilibatkan sangat terbatas agar tidak terjadi kerumunan. (Tim/gw)