Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, May 14, 2021

Penganut Islam Aboge di Madiun Baru Sholat Idul Fitri pada Hari Ini, Jumat 14 Mei 2021

Anggota Polsek Saradan Polres Madiun lakukan pengamanan kegiatan sholat Idul Fitri yang dilakukan oleh jamaah Islam Aboge di Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Madiun. (Fot: Hum).
Gemawilis -
Penganut Islam Aboge yang tersebar di wilayah Kecamatam Saradan, tepatnya di Dusun Bakalan, RT 17/07, Desa Pajaran, Kabupaten Madiun, pada hari ini baru melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 H. Jumat (14/5/2021) pagi.

Jamaah Islam Aboge sejak pagi hari sekitar pukul 06.00 Wib, terlihat berbondong-bondong ke masjid Jamiatul Mutaqim Dusun Bakalan untuk melakukan Sholat Id berjamaah.

Jalannya kegiatan pelaksanaan Sholat Idul Fitri berjalan lancar, protokol kesehatan di terapkan secara ketat. Nampak pengamanan juga diberikan oleh jajaran anggota Polres Madiun lewat Polsek Saradan.

Kapolsek Saradan AKP Agung Abadi mengatakan, umat muslim Aboge memiliki perhitungan sendiri dalam menetapkan hari raya Idul Fitri. Namun demikian, semua masyarakat wajib untuk saling menghormati.

“Saudara kita muslim Aboge tidak berbeda dengan Islam kita dalam menjalankan ibadah, hanya saja dalam perhitungan penetapan hari raya Idul Fitri yang kadang berbeda waktunya, "tutur Kapolsek Saradan.

Lebih lanjut, AKP Agung menerangkan, jika selama ini umat muslim Aboge yang ada di Desa Pajaran Saradan tidak pernah terjadi gesekan dengan umat muslim yang lain, mereka hidup rukun berdampingan seperti masyarakat pada umumnya.

"Kehidupan bermasyarakatnya normal-normal saja, kerukunan antar warga juga baik, saling hidup berdampingan. Mereka berinteraksi dengan masyarakat yang lain, "jelasnya.

Dilakukannya pengamanan saat jamaah muslim Aboge melakukan Sholat Id, menurut Kapolsek tak lain agar kegiatan berjalan aman, nyaman dan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 seperti kegiatan keagamaan yang lainnya tidak ada pengecualian.

“Kita berpedoman pada Surat Edaran (SE) Gubernur Jatim nomor 10 tahun 2021 dan SE Bupati Madiun tentang Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1442 H, "pungkasnya Kapolsek Saradan. (Tim/gw)

Topik Lain