Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, May 11, 2021

Pemkab Madiun Tutup Sementara Tempat Wisata Selama Pemberlakukan Larangan Mudik 2021

Nampak anggota Polsek Dagangan sedang memasang pengumuman terkait penutupan sementara tempat wisata di Kabupaten Madiun (fot: istimewa)
Gemawilis -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun memutuskan untuk menutup sementara tempat wisata selama pemberlakuan Larangan Mudik Lebaran 2021. Penutupan tersebut berlaku mulai Selasa (4/5/2021).

Keputusan penutupan sementara tempat wisata itu secara resmi tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Madiun Nomor 130/261/402.011/2021 tentang Perpanjangan Keenam PPKM Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan.

Bupati Madiun kepada wartawan mengatakan, kebijakan tersebut diambil untuk menghindari kerumunan saat momen lebaran 2021 dan perpanjangan PPKM jilid 6 serta untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Menurut Bupati, selama ini tempat wisata sering dijadikan sasaran rekreasi warga saat libur Lebaran. Oleh karena itu ia tak ingin ada ledakan kasus Covid-19 setelah libur Lebaran. Sebab, beberapa kali setelah dua minggu libur panjan, selalu terjadi lonjakan kasus positif di Kabupaten Madiun.

“Penutupan di seluruh tempat wisata berlaku mulai Selasa 4 Mei 2021 hingga Senin 17 Mei 2021. Ditutup sementara untuk memutus mata rantai penularan covid-19, "kata Bupati Madiun Ahmad Dawami.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, untuk wilayah yang terdapat kasus aktif diwajibkan untuk menerapkan sistem satu pintu untuk mencegah terjadinya penularan lebih luas. Sistem tersebut diterapkan untuk memastikan warga yang keluar masuk tetap menaati prokes kesehatan.

Sementara itu, pantauan media nampak beberapa pengelola tempat wisata sudah mulai melakukan penutupan dengan memasang pemberitahuan terkait hal itu. Pemberitahuan tempat wisata tutup sementara juga dilakukan oleh anggota Polres Madiun dibeberapa Desa.

Bhabinkamtibmas Polsek Dagangan, AIPTU Mudhofar melaksanakan kegiatan pemasangan banner penutupan sementara wisata alam Watu Rumpuk yang berada di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan pada Senin (10/5/2021).

"Kami pasang pengumuman sekaligus penutupan tempat wisata sesuai Surat Edaran Bupati Madiun. Penutupan tempat wisata Watu Rumpuk supaya tidak menjadi pusat keramaian karena libur lebaran, "ungkap AIPTU Mudhofar. (Tim/gw)

Topik Lain