Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Monday, May 24, 2021

Pelat Nomor Kenderaan Dengan Huruf C Gak Ada di Indonesia, Masak Sih?

Gemawilis -
Setiap kendaraan di Indonesia diwajibkan untuk mempunyai dan memasang nomor polisi (nopol) atau pelat nomor sesuai dengan daerahnya masing-masing.

Dan di Indonesia, setiap daerah mempunyai kode pelat nomor yang berbeda-beda, dari huruf A hingga Z dengan kombinasi huruf di depan dan angka atau nomor di tengah dan satu hingga tiga huruf di belakang.

Namun, meski semua daerah mempunyai kode huruf masing-masing, ada satu huruf yang tidak dimiliki oleh daerah mana pun dan bahkan memang huruf tersebut tidak di gunakan untuk pelat nomor daerah di Indonesia. Yakni huruf C.

Kenapa huruf C tidak dipakai untuk daerah di Indonesia?

Begini ceritanya, sejarah penggunaan kode wilayah pada pelat nomor di Indonesia dimulai sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Oleh sebab itu, masyarakat menggunakan bahasa Belanda dan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Sehingga membuat ada perbedaan dalam penulisan bahasa dengan menggunakan ejaan lama.

Pada ejaan lama (Ejaan Soewandi) huruf C ditulis dengan kombinasi dua huruf, yakni huruf T dan J (TJ), ejaan TJ.

Nah, karena huruf TJ tidak termasuk dalam abjad yang digunakan oleh Belanda, sehingga pada awal penggunaan kode nomor wilayah pada waktu itu huruf C tidak dipakai untuk kode wilayah mana pun.

Karena huruf C tidak digunakan untuk kode nomor wilayah di Indonesia, akhirnya huruf C digunakan untuk kendaraan-kendaraan khusus seperti kode huruf CC dan CD yang digunakan untuk staf konsulat atau kendaraan wakil pemerintah negara lain yang ditugaskan di Indonesia. (Tim/gw)

Topik Lain