Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, May 31, 2021

Peduli Lingkungan, Trash Hero dan RGN Madiun Punguti Sampah Plastik di Tempat Umum

Perwakilan Trash Hero Madiun dan RGN Madiun berfoto bersama usai melakukan kegiatan memunguti sampah plastik untuk dijadikan Ecobrick.
Gemawilis -
Peduli lingkungan, terutama bencana alam yang kerap terjadi, Trash Hero Madiun dan Radja Garuda Nusantara (RGN) Madiun lakukan aksi bersih-bersih sampah plastik di lokasi wisata Dungus Forest Park (DFP) Kelurahan/Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Minggu (30/5/2021) pagi.

Kegiatan munguti sampah ini sendiri menurut Ketua Trash Hero Madiun, Bintang Hasyim Nusantara merupakan kegiatan rutin yang ia lakukan bersama kelompoknya di tempat-tempat umum seperti tempat wisata, rest area, alun-alun, dan fasilitas umum lainnya yang ada di Kota maupun Kabupaten Madiun.

"Rutin setiap week end kami lakukan kegiatan ini. Anggota ada sekitar 20an tapi dalam setiap kegiatan kami menyesuaikan dengan kesibukan masing-masing anggota, artinya selonggarnya asal tidak mengaggu aktifitas yang penting lainnya, "tutur Ketua Trash Hero Madiun yang mayoritas didominasi kalangan milenia peduli lingkungan tersebut.

Lebih lanjut, Bintang, sapaan akrabnya, menjelaskan, salah satu alasan ia bersama teman-temannya rela mungutin sampah di tempat umum adalah bencana alam akibat budaya membuang sampah sembarangan di masyarakat sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem dan menimbulkan berbagai bencana. Seperti, pencemaran air, banjir, timbulnya berbagai penyakit, dan dampak lainnya.

"Bencana banjir yang belakangan terjadi di Kabupaten Madiun menjadi salah satu alasan kami untuk berinisiatif membentuk sebuah komunitas peduli pencemaran lingkungan yang salah satunya bisa memicu banjir, yakni sampah. Namun sampah yang kami punguti adalah sampah plastik karena selain susah terurai, sampah plastik juga bisa berdampak pada banjir karena menyumbat saluran air, mengurangi kesuburan tanah hingga pencemaran lingkungan, "jelasnya.

Uniknya, sampah plastik yang di punguti oleh Trash Hero Madiun nantinya tidak dibuang begitu saja namun akan dibuat Ecobrick atau mengubah sampah plastik menjadi bahan baku pembuatan kerajinan atau bangunan. Yakni, botol plastik yang diisi padat memakai limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

Sementara itu, RGN Madiun yang notabene sebuah EO (event organizer) dunia lomba burung nasional di Indonesia sangat mendukung kegiatan Trash Hero Madiun apalagi saat diajak kerjasama memunguti sampah plastik di lokasi wisata.

Salah satu anggota RGN Madiun, Hadi Saputra mengatakan, pihaknya sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh rekan-rekan Trash Hero Madiun yang telah peduli dengan lingkungan dengan cara memungut sampah untuk dijadikan Ecobrick.

Menurutnya, kegiatan membuat Ecobrick juga menjadi salah satu solusi dalam menanggulangi sampah lokal. Sehingga saat diajak melakukan aksi bersama memungut sampah plastik sebelum kegiatan lomba burung berkicau dimulai pihaknya langsung menyanggupinya.

"Tentu, kami RGN Madiun sangat apresiasi sekali dengan teman-teman Trash Hero Madiun. Ini kebetulan kami ada kegiatan rutin dilokasi ini, jadi saat diajak kerjasama memunguti sampah plastik sebelum kegiatan kami dimulai langsung kami sanggupi dengan sangat senang hati, "tutur Hadi Saputra. (Tim/gw)