Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, May 21, 2021

Monumen Jenderal Sudirman di Ponorogo Diresmikan Bupati, Patung Dibuat Oleh Seniman Setempat

Bupati Ponorogo Giri Sancoko meresmikan patung Monumen Jenderal Sudirman di Kecamatan Sawo. (Fot: PH).
Gemawilis -
Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke -113, Bupati Ponorogo Kang Giri Sancoko meresmikan Monumen Jenderal Sudirman di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawo, Kabupaten Ponorogo. Kamis (20/5/2021)

Patung Jenderal Sudirman dibuat oleh seniman lokal sekaligus tokoh/sesepuh Reyog Ki Singo Kusumo, Padhepokan Tari Langen Kusuma Ponorogo, Mbah Kardi Basuki (76).

Dalam proses pembuatan patung Jenderal Sudirman, Mbah Kardi Basuki menghabiskan waktu selama 3 bulan dan dikerjakan sendiri di rumahnya lalu setelah jadi dibawa ke Rumah Singgah Jenderal Sudirman di Ngindeng dengan menggunakan sebuah Truk.

Mbah Kardi, sendiri merupakan sosok seniman multitalenta yang dimiliki oleh Kabupaten Ponorogo. Sejak muda ia telah melanglang buana di dunia kesenimanan. Mulai dari Seni Drama hingga menjadi seorang pematung dan sekarang aktif sebagai sesepuh reyog.

Semoga dengan dibangunnya Monumen Jenderal sudirman di rumah singgah sewaktu Jenderal Sudirman berjuang dengan strategi Perang Gerilya ini dapat menginspirasi dan membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan anak muda. (Tim/gw)

Topik Lain