Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, May 31, 2021

Kisah Mistik Goa Bersejarah Desa Tawangrejo Gemarang, Lubang Kecil Misterius Menampung Banyak Orang

Goa Gemuruh menjadi saksi bisu pada saat penjajahan Belanda menduduki wilayah Madiun (fot: eklusif)
Gemawilis -
Kokoh lebar menganga, nampak seram terlihat dengan dikelilingi pohon besar dan akar-akar menjuntai yang menjulur kebawah menambah kesan angker pada megahnya Goa Gemuruh.

Sirum dan teduh jika kita mendekat pada mulut gua yang berada diatas ketinggian kurang lebih sekitar 5 meter dari permukaan tanah. Terlihat kanan kiri lokasi yang masih hijau nan asri, nampak memang ekosistem sekitar goa begitu dijaga dan dikeramatkan oleh warga sekitar sejak zaman dahulu.

Letaknya yang tepat di pintu masuk dusun dengan pemandangan hamparan persawahan nan elok dan asri menambah daya tarik tersendiri Goa Gemuruh. Selain itu, tentu keberadaanya juga menambah keunikan dan kekayaan dusun setempat sehingga sangatlah mungkin jika kedepan keberadaan Goa Gemuruh ini bisa menjadi ikon dusun dan bahkan mungkin desa setempat.

Sering dijumpai para pengunjung dari luar daerah untuk ngalab berkah atau semacam bermeditasi di area tersebut, atau untuk tujuan tertentu. Memang didalam mulut goa tersebut bekas sesaji dan bakaran dupa kita temui didalamnya.

Pada bulan Suro warga sekitar mempunyai tradisi turun temurun menyembelih Kambing Kendit dan melakukan genduri seperti di Punden lain pada umumnya. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Sang Maha Agung (bersih desa).

Kisah Mistis yang pernah terjadi, pernah suatu ketika datang seorang pengunjung yang hendak mengabadikan dengan kamera namun keanehan terjadi di dalam mulut goa, tiba-tiba kamera yang dibawa tidak berfungsi semestinya. Konon ceritanya pengunjung tersebut tidak diberi izin oleh danyang punden tersebut.

Menurut warga setempat, hendaknya orang dari luar daerah yang ingin mengunjungi tempat itu memang seharusnya pamit dulu ke Juru Kunci atau warga setempat agar diberi kelancaran saat berada di sekitar lokasi.

"Ya pamit dulu lah, kan masuk ke perkampungan orang. Kulonuwun disik, jangan asal masuk-masuk saja. Kalau juru kunci gak ada paling tidak pamit ke warga sekitar, "kata seorang warga kepada Gemawilis.com, pada Jumat (28/5/2021) sore.

Cerita lain dari masyarakat setempat, Goa Gemuruh juga merupakan saksi bisu pada zaman penjajahan kolonial Belanda. Pada waktu Belanda menduduki Indonesia dan melakukan penyerangan ke desa-desa, warga masyarakat yang ada di kampung Gemuruh menjadikan lobang pada dinding tebing itu untuk bersembunyi.

Jika dinalar, ruang goa didalamnya sangatlah sempit, jika ingin masuk pun harus merangkak dan menurut kami pun sangat mustahil dapat menampung penduduk yang jumlahnya puluhan orang.

Namun, meski terlihat kecil, nampak diujung goa ini seperti terdapat lubang menyerupai lorong yang menuju ke suatu tempat. Mungkin keberadaan lubang atau lorong misterius itulah sehingga semua warga pada waktu itu selamat dari penyerbuan Belanda.

Namun cerita itu bukanlah mitos, tidak ada yang tak mungkin karena tempat gaib itu memanglah ada. Dan masyarakat desa sekitar Goa Gemuruh mendapat cerita tersebut langsung dari sumber (orang-orang jaman dulu warga setempat)  yang pernah mengalaminya.

Goa Gemuruh atau Punden Gemuruh terletak di Dusun Gemuruh Nglorog, Desa Tawangrejo, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun. (Tim/gw)