Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, May 22, 2021

Kaya Akan Manfaat, Ikan Gabus Ternyata Memiliki Harga Pasar Yang Tinggi Namun Sulit Dicari

Gambar ikan gabus atau Kutuk (fot: istimewa)
Gemawilis - 
Ikan Gabus merupakan spesisies ikan air tawar yang memiliki banyak sekali nama disetiap daerah, ada yang menyebutnya ikan Kutuk, Kotes, Kocelan, Dendeng dll.


Ciri-ciri ikan ini berwarna gelap hitam kecoklatan dengan corak merah diujung sirip, bentuknya menyerupai bentuk ikan lele. Habitat asli ikan satu ini sering dijumpai di genangan air yang tenang seperti danau, waduk, rawa, sungai bahkan di parit-parit sekitar rumah.

Ikan Gabus mempunyai tekstur daging yang lembut dan terasa manis. Mengandung protein tinggi dan kaya akan gizi yang bagus dikonsumsi untuk anak-anak dimasa pertumbuhan.

Selain itu ikan gabus juga dipercaya dapat membantu pemulihan luka jahitan. Dan banyak dokter menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan Gabus dimasa nifas setelah melahirkan.

Karena belum banyaknya pembudidaya ikan ini. Ikan Gabus jarang sekali ditemukan di pasar. Harganya pun masih lumayan tinggi diatas ikan air tawar di kelasnya.

Selain karena faktor diatas pencemaran sungai juga menjadi faktor utama. Penangkapan dengan cara yang salah seperti meracun dan menyetrum menjadi persoalan ikan ini untuk berkembang biak. Padahal dimasa lalu ikan ini sangat mudah sekali didapat, bahkan ikan ini dapat tumbuh sebesar lengan orang dewasa.

Maka dari itu kita stop ilegal fishing. Jaga dan lestarikan sungai kita, agar manti sungai akan memberi manfaat untuk anak cucu kita kelak. (Ds/gw)

Topik Lain