Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Thursday, May 20, 2021

Gak Ada Kapoknya, Polisi Kembali Menangkap 13 Remaja yang Sedang Menerbangkan Balon Udara

Polisi kembali menangkap 13 remaja yang sedang menerbangkan balon udara di wilayah hukum Polsek Kebonsari Madiun. (Fot: istimewa).
Gemawilis -
Meski sudah diperingatkan dan gencar dilakukan operasi oleh polisi, masayarakat masih saja nekat menerbangkan balon udara ilegal. Dikabarkan, polisi kembali mengamankan belasan remaja yang sedang menerbangkan balon udara. Kamis (20/5/2021) pagi.

Sebanyak 13 remaja tersebut diamankan anggota Polres Madiun di wilayah Kecamatan Kebonsari, Madiun, saat hendak menerbangkan balon udara yang digantungi petasan. Lima orang di antara masih berusia di bawah umur.

Selain menangkap 13 remaja, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti, yakni berupa tiga balon plastik berukuran sekitar 20 meter dan 25 meter, serta sejumlah petasan berbagai ukuran sebanyak 300 biji.

Informasi yang kami terima, belasan remaja tersebut mengaku membeli bahan-bahan untuk membuat balon udara dan petasan secara patungan. Bahkan, mereka juga meminta uang sumbangan kepada pihak desa dan anggota dewan untuk membeli bahan-bahan tersebut. Sedangkan untuk cara membuatnya mereka belajar dari video YouTube.

Selanjutnya terkait penangkapan belasan remaja tersebut penyidikan lebih lanjut perkara akan dilimpahkan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub RI.

Selama ini sebagian masyarakat menganggap menerbangkan balon udara saat Hari Raya Idul Fitri adalah sebuah tradisi, meski berpotensi membahayakan jalur penerbangan, mengganggu jaringan kabel listrik, dan juga bisa menimbulkan potensi kebakaran.

Selama ini aparat kepolisian sudah gencar melakukan razia dan mengamankan warga yang terlibat menerbangkan balon udara. Namun masyarakat nampaknya masih saja tidak jera dengan kegiatan menerbangkan balon udara tersebut.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Madiun, AKP Ryan Wira Raja Pratama, membenarkan penangkapan belasan remaja yang sedang menerbangkan balon udara ilegal tersebut.

"Betul, kami mengamankan lagi 13 orang, di wilayah hukum Polsek Kebonsari. Mereka kedapatan sedang berusaha menerbangkan balon udara, petugas datang dan kami tangkap tangan yang bersangkutan, "tuturnya.

Sebelumnya, Polres Madiun juga mengamankan sebanyak 17 remaja di wilayah Kecamatan Dolopo karena kedapatan menerbangkan balon udara ilegal. (Tim/gw)

Topik Lain