Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, May 26, 2021

Cincau Hijau Hutan Dipercaya Dapat Memperbaiki Kondisi Penderita Kanker

Daun Cincau Hijau Hutan Dipercaya Dapat Memperbaiki Kondisi Penderita Kanker. (Fot: istimewa).
Gemawilis -
Cincau Hijau(cyclea barbara miers) memiliki sebutan berbeda disetiap daerah mulai dari camcao(jawa), camcauh(sunda), juju, caon, dan tahulu(melayu).

Tumbuhan merambat yang sering sekali dijumpai disemak-semak ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya dapat memperbaiki kondisi penderita kanker.

Tidak hanya itu cincau hijau juga kaya akan antioksidan. Jaman dahulu cincau hijau merupakan sebuah jeli atau agar-agar alami yang dapat menurunkan demam, batuk, mual, penurun darah tinggi dan sangat mujarab untuk penderita radang lambung.

Bentuk dan warnanya seperi daun sirih namun lebih cenderung membentuk hati. Memiliki bulu halus dan bunga yang berbentuk kecil berkelompok. Tumbuhan ini banyak sekali di pinggiran hutan di jawa, sumatra maupun kalimantan dan sulawesi.

Cara pengolahannya pun sangat gampang yaitu dengan diblender ataupun dengan cara di hancurkan dengan tangan dan diberi air sedikit-sedikit kemudian diperas. Cincau yang kental memerlukan waktu kurang 6 jam untuk menjadi jeli. Setelah menjadi jeli, adonan bisa di campur dengan santan dan gula merah cair. (Ds/gw)