Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Sunday, May 16, 2021

Cerdas, Ibu Rumah Tangga di Desa Kare Ini Raup Cuan Dengan Tanaman Hias

Gemawilis -
Dengan bekerja dari rumah, seorang istri di Dusun Suweru, RT 26/06, Desa/Kecamatan Kare, Madiun, Retno (34) bisa menghasilkan pundi-pundi tambahan tanpa harus mengorbankan perannya sebagai seorang ibu rumah tangga.

Retno, menggeluti usahanya berawal dari hobi, namun lambat laun dari hobinya itu kini ia bisa meraup keuntungan. Bahkan selain bisa membantu perekonomian keluarga, Retno juga bisa membantu beberapa tetangga dan temannya untuk ikut menyuplai Tanaman Hias (tanhias) di kebun bunga miliknya.

"Ini sudah sekitar empat tahun saya fokus di kebun tanaman hias. Ya, awalnya dari hobi saja lama-lama jadi berkembang. Alhamdulillah, langganan sudah lumayan, "terang Retno, saat ditemui di kebun Tanhias sekaligus rumah miliknya, Minggu (16/5/2021) sore.

Wanita 34 tahun itu saat ditemui Gemawilis.com bahkan sempat bercerita semasa awal-awal pandemi Covid-19 melanda perekonomian keluarganya tetap bisa berjalan dengan lancar berkat usaha itu, alias tidak terdampak terlalu dalam.

"Iya, jadi kemarin pas corona datang itu usaha tanaman hias tidak terlalu terdampak. Bahkan waktu itu karena banyak masayarakat yang dirumah saja tanaman hias sempat booming dan laris manis, "akunya.

Selama ini Retno merawat tanaman hias sendiri karena sang suami, Yudi, bekerja di luar Kota dan pulang saat libur saja. Namun berkat ke uletannya, kini usaha yang dia beri nama UD. YDR Garden itu sudah mempunyai banyak pelanggan dan bisa jadi sumber pundi-pundi rupiah karena nilai penjualannya terus meningkat.

Tak hanya itu, Retno selama ini juga ikut memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di kampungnya untuk sama-sama mencari tambahan pendapatan dengan merawat tanaman hias.

"Kita ibu-ibu saling membantu. Kalau misal saya pas jenis bunga tertentu lagi kosong dan pas ada pembeli saya ambil punya teman atau tetangga. Jadi di rumahnya masing-masing saling menanam bunga terus saya nanti yang ambil untuk dijualkan, "terang Retno.

Tahun ini bahkan UD. YDR Garden miliknya juga ikut menyumbang prestasi manis karena menang sebagai juara 1 Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) Tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2021 mewakili Kecamatan Kare.

Sementara saat ditanya berapa omset yang dia dapat dalam sebulan, Retno mengatakan jika sebulan rata-rata dia bisa mengumpulkan pendapatan sekitar 2 hingga 3 jutaan.

"Itu kira-kira ya. Sekitar segitu dua sampai tiga juta. Tapi itu pendapatan kotor belum di ambil biaya seperti perawatan pupuk, pot bunga, dan lain-lain. Lumayan bisa bantu-bantu suami juga daripada nganggur di rumah, "jelasnya.

Kini menurut Retno usahanya juga sudah tergabung dengan UMKM Desa Kare. Sehingga ke depan harapan untuk semakin berkembang dan maju semakin ada peluang. Selain berjualan di rumah, dirinya juga memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnisnya. (Wjr/gw)

Topik Lain