Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, May 15, 2021

Cegah Lonjakan Covid-19, Pemkab Madiun Libatkan Pengurus RT untuk Memantau Pendatang di Kampung

Gemawilis -
Untuk mengantisipasi pendatang yang lolos dari penyekatan selama Larangan Mudik Lebaran Idul Fitri 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, melibatkan pengurus di tingkat RT.

Menurut Bupati Madiun Ahmad Dawami, keberadaan para perantau di wilayah Kabupaten Madiun akan dipantau betul guna mengantisipasi lonjakan kasus positif covid-19 pasca libur Idul Fitri.

"Meski sudah dilakukan penyekatan di akses masuk, kami akan ketati juga yang di bawah atau di desa-desa, "kata Bupati Madiun, Jumat (14/5/2021).

Bupati menilai, peran dari para ketua dan pengurus RT dirasa akan lebih efektif dalam memantau pendatang seiring dengan masih diberlakukannya PPKM Skala Mikro tingkat desa dan RT hingga saat ini.

"Mengantisipasi warga yang terlewat dari penyekatan, penghitungan pendatang akan diperketat sampai tingkat RT, "jelas Bupati.

Selama diberlakukannya instruksi dan arahan pemerintah terkait larangan mudik Idul Fitri 2021, Pemkab Madiun melakukan penyekatan berlapis untuk mengantisipasi meningkatnya kasus positif Covid-19.

Sejumlah akses masuk Kabupaten Madiun dijaga ketat oleh tim gabungan TNI-Polri, Dishub, BPBD, dan pihak terkait lainnya. Penyekatan meliputi dua gerbang tol di Kabupaten Madiun dan jalur perbatasan antara Kabupaten Madiun dengan Nganjuk, serta Kabupaten Madiun dengan Ponorogo dan Magetan.

Diharapkan, dengan kebijakan larangan mudik Idul Fitri tersebut kasus covid-19 di Kabupaten Madiun dapat terus ditekan sehingga tidak ada lonjakan pasca libur panjang. (Tim/gw)

Topik Lain