Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, May 20, 2021

Black Konjack Banyak Diburu Petani, Apa Kelebihannya?

Gambar bibit porang hitam atau black konjack yang banyak di cari oleh para petani. (Fot: istimewa).
Gemawilis - 
Black Konjack atau Porang hitam banyak diburu petani kawakan. Selain mempunyai harga pasar sendiri Black Konjack memiliki nilai lebih. 

Meskipun harga umbi produksi yang dihargai sama dengan umbi porang jenis lainya. Black Konjack banyak diburu petani senior karena memiliki beberapa keunggulan dari porang jenis lainnya. 

Informasi yang beredar di kalangan masyarakat petani, jenis Porang Hitam ini diyakini mempunyai kelebihan dibanding Porang Hijau, namun sejauh ini kami belum menemukan data valid terkait hal itu, baik menurut penelitian dari badan pertanian resmi maupun dari organisasi pertanian yang lainnya. 

Keunggulan Black Konjack antara lain ialah pertumbuhannya yang relatif cepat juga menghasilkan biji katak yang relatif 2x lipat lebih banyak dan berbatang kecil tetapi umbinya besar serta lebih tinggi kadar glucomanannya. 

Dihimpun dari harga pasar musim sebelumnya bibit Porang Hitam berkisar 400 ribu per kilogram biji katak dan 100 ribuan untuk bibit umbi mini. 

Black Konjack, Porang Hitam, atau Porang lirik sendiri mempunyai ciri perbedaan antara lain daun tebal dan agak lebar, batang berwarna hitam jingga corak putih, serta daging umbi kuning pekat kemerahan. Namun ada juga yang kuning wortel hingga umbi warna pink. 

Penyebaran hampir seluruh wilayah Indonesia, yang ada liaran tumbuhan porang hijau di hutan pasti Black Konjack juga akan bisa tumbuh di sana. 

Black Konjack juga ada yang menyebutnya Porang Corak Zebra, atau Porang Corak Weling, dengan garis lurus ada yang dominan hitam dan ada juga yang dominan putih. (Ds/Tim/gw)