Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, May 18, 2021

17 Terduga Pelaku Pembuat dan Penerbang Balon Udara Diamankan Sat Reskrim Polres Madiun

Sat Reskrim Polres Madiun berhasil mengamankan 17 orang yang diduga membuat serta menerbangkan balon udara yang belakangan marak berjatuhan di wilayah Kabupaten Madiun serta mengganggu penerbangan, kabel listrik, dan berpotensi menimbulkan kebakaran serta kerusakan. (Fot: Hum).
Gemawilis -
Polres Madiun berhasil mengamankan 17 orang yang diduga telah membuat dan menerbangkan balon udara ilegal yang beberapa hari belakangan marak berjatuhan di wilayah Kabupaten Madiun.

Melalui Kasat Reskrim Polres Madiun, AKP Ryan Wira Raja Pratama, Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisono melakukan konferensi pers terkait kasus tersebut di ruang Sat Reskrim Polres Madiun. Selasa (18/5/2021).

Dalam keterangan, AKP Ryan Wira Raja Pratama menuturkan kronologi kasus tersebut bermula saat jajaran Sat Reskrim Polres Madiun melakukan penyelidikan terkait maraknya balon udara yang jatuh diarea Kabupaten Madiun. Selanjutnya anggota mendapatkan informasi tentang adanya masyarakat yang telah menerbangkan balon udara didaerah Hutan Jatilawang masuk Desa Glonggong, Dusun Sirahnogo Kecatan Dolopo.

“Berdasarkan hasil penyelidikan petugas berhasil mengamankan tujuhbelas orang yang diduga membuat dan menerbangkan balon udara serta berhasil mengamankan barang buktinya, "tutur Kasat Reskrim.

Adapun pasal yang disangkakan yaitu pasal 411 UURI No. 01 tahun 2009 tentang penerbangan yang berisi, Dengan sengaja menerbangkan atau mengoperasikan pesawat udara yang membahayakan keselamatan pesawat udara, penumpang dan barang dan/atau penduduk atau merugikan harta benda milik orang lain.

“Berdasarkan hasil penyelidikan diduga ke 17 orang pelaku tersebut telah membuat dan menerbangkan balon udara pada hari jumat tanggal 18 Mei 2021 sekitar pukul 05.30 Wib di didaerah hutan Jatilawang masuk Desa Glonggong, Dusun Sirahnogo Kecamatan Dolopo, "jelasnya.

Sementara itu, barang bukti yang berhasil di amankan oleh polisi diantaranya, 3 buah lak ban warna bening, 1 buah tali rafia, 3 lembar robekan kertas, 2 buah batang pohon ketela, 1 ikat daun blarak, dan 2 genggam abu sisa pembakaran.

Selanjutnya, penyidikan lebih lanjut perkara akan dilaimpahkan kepada penyidik Dirjen perhubungan udara. “Sudah kami koordinasikan, besok kami limpahkan segala penyedikannya akan dilakukan penyidikan Dirjen perhubungan udara, "pungkasnya. (Hum) gw