Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, April 20, 2021

Takbir Keliling Menjelang Idul Fitri Dilarang, Menteri Agama: Silahkan Takbiran di Masjid Atau Mushola

Pemerintah melarang kegiatan tradisi takbiran keliling memjelang idul fitri tahun 2021 (fot: istimewa/ilustrasi)
Gemawilis -
Takbir keliling jelang Hari Raya Idul Fitri di tahun ini ditiadakan. Hal tersebut berkenaan dengan masih adanya pandemi Covid-19 di tanah air yang masih terus mengancam kesehatan masyarakat.

Larangan tersebut di ungkapkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, pada Senin (19/4/2021).

Menag mengatakan, biasanya tradisi takbiran keliling selama ini mengundang kerumunan. Sehingga Pemerintah khawatir dengan adanya kegiatan itu justru akan menjadi tempat klaster baru penyebaran corona.

"Kami juga memberikan pembatasan terhadap kegiatan takbir ini, takbir keliling tidak kita perkenankan, "kata Yaqut dalam disiaran kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Namun, sebagai gantinya Pemerintah mempersilakan warga untuk melakukan takbiran di masjid atau musala. Tetapi tetap dengan pembatasan orang yang hadir, yakni maksimal 50 persen dari kapasitas masjid atau musala.

Lehih lanjut, Yaqut menyampaikan jika hukum sejumlah kegiatan ibadah di bulan Ramadan adalah sunah. Sementara, menjaga keselamatan diri dan orang lain hukumnya adalah wajib.

"Insyallah, kita tidak akan kehilangan pahala apapun, tidak akan kehilangan pahala sedikit pun, jika tetap mendahulukan hal yang wajib daripada mendahulukan yang sunah, "kata Ketua Umum Gerakan Pemuda Anshor tersebut. (Tim/gw)