Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, April 07, 2021

Ratusan Pipa Air Milik Warga dan PDAM di Kecamatan Kare dan Gemarang Rusak Akibat Banjir Bandang Minggu Lalu

Warga di Kecamatan Kare pasca banjir bandang melakukan perbaikan saluran air, ada ratusan pipa air bersih yang rusak dan hanyut terbawa banjir (fot: istimewa).
Gemawilis -
Akibat bencana banjir bandang yang disebabkan oleh hujan deras pada Kamis (1/4/2021) minggu lalu, ratusan pipa air bersih milik warga di wilayah Kecamatan Kare dan Gemarang rusak parah.

Akibatnya, raturan warga dikedua Kacamatan mengalami kesulitan air bersih. Di kecamatan Kare, saat ini perbaikan terus dilakukan oleh warga secara bergotong royong.

Camat Kare Tarnu Ashidiq mengatakan, warga terus berupaya bersama-sama untuk melakukan perbaikan, karena ada ratusan pipa yang hilang dan rusak terbawa banjir bandang.

"Terus dilakukan upaya perbaikan oleh warga, ada banyak pipa yang hilang dan rusak dibawa banjir, "kata Camat Kare Tarnu Ashidiq. Rabu (7/4/2021).

Selain merusak pipa air yang dikelola oleh warga di Kecamatan Kare, lebih parah lagi banjir bandang juga merusak sejumlah pipa milik PDAM Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun.

Kepala Bidang Teknik PDAM Kabupaten Madiun, Sutrisna, menyampaikan, akibat banjir bandang itu pipa besi milik PDAM berukuran 6 dim dengan panjang 2 kilo hanyut terbawa banjir.

"Ada pipa sepanjang dua kilo meter dengan diameter enam dim milik kami yang hanyut pada saat banjir kemarin. Akibatnya aliran air untuk konsumen terganggu, "katanya.

Setidaknya di Kecamatan Gemarang, menurut Sutrisna, ada sekitar 1100 Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak dari rusaknya pipa besi milik PDAM tersebut. Masing-masing di Desa Batok, Desa Durenan, dan Desa Winong.

"Sedang kami lakukan upaya perbaikan agar air bersih bisa segera sampai ke konsumen. Saat ini kami sudah memasang kembali sekitar 1,2 kilometer, semoga seminggu kedepan sudah bisa selesai, "jelasnya. (Tim/gw)