Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, April 25, 2021

Peringati Hari Bumi, Pelestari Kawasan Wilis Bagi-Bagi Bibit Pohon di Kecamatan Kare Madiun

Pelestari Kawasan Wilis peringati Hari Bumi adakan acara bagi-bagi bibit pohon kepada warga di Kecamatan Kare.
Gemawilis -
Memperingati Hari Bumi Tahun 2021, Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis) Kabupaten Madiun mengadakan acara Bhakti Bumi, "Aksi Peduli Perubahan Iklim", dengan membagikan bibit tanaman kepada warga saat menjelang waktu berbuka puasa atau Ngabuburit di depan Kantor Kecamatan Kare dan sekitar Pasar Gondosuli Kare. Minggu (25/4/2021).

Kordinator kegiatan, Johan Ariesta mengatakan, pembagian bibit pohon ini, bertujuan mengajak warga masyarakat untuk semakin peduli akan bumi, dengan melakukan penghijauan yang dimulai dari lingkungan masing-masing warga.

"Kita ingin mengajak dan mendorong masyarakat untuk peduli akan bumi. Seperti kita ketahui bersama, akhir-akhir ini banyaknya becana alam, seperti banjir, tanah longsor, hingga bencana kekeringan jika musim kemarau datang. Belum lagi polusi udara, untuk itu kami mengajak masyarakat untuk kembali peduli dengan bumi, "tutur Johan.

Adapun jenis bibit pohon yang dibagikan kepada warga dalam Aksi Peduli Perubahan Iklim oleh Perkawis di Kecamatan Kare, adalah jenih bibit pohon Pula, Aren, Beringin, Jambu Biji, dan Sirsak, dengan jumlah kurang lebih sekitar 700 bibit pohon.

Selain di di Kecamatan Kare, acara pembagian bibit pohon juga digelar oleh Perkawis dibeberapa wilayah di Kabupaten yang terletak disekitar Gunung Wilis seperti di Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Madiun.

"Betul, kami mengadakan kegiatan ini di beberapa wilayah Kabupaten dengan tujuan agar masyarakat tergugah untuk menjaga lingkungan dan alam yang di mulai dari lingkungan sendiri seperti dirumah, "ungkap Tofan Ardi, Ketua Pelestari Kawasan Wilis, saat dikonfirmasi gemawilis.com pada Minggu petang.

Bibit pohon yang kami bagi ini gratis, lanjut Tofan, semoga aksi kecil ini bisa menginspirasi banyak pihak sehingga nantinya akan tumbuh niatan untuk peduli akan kelestarian bumi, khususnya kawasan lereng wilis. Sebab, bencana itu ibarat sakit gigi, ketika melanda seolah bumi akan runtuh, tapi setelah hilang seolah tak terjadi apa-apa, "imbuh Tofan.

Sementara itu, Camat Kare, Tarnu Ashidiq, M.Si, terkait aksi yang diadakan oleh Perkawis di Kecamatan Kare mengatakan pihaknya sangat senang dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman Perkawis yang telah peduli dan mengajak serta mengedukasi warga masyarakat Kecamatan Kare untuk peduli bumi.

“Kami sangat apresiasi dengan acara ini, meski pembagian bibit pohon kepada warga ini langkah kecil, namun dibanding kerusakan alam yang telah terjadi sangat berarti sekali. Karena dengan langkah kecil ini masyarakat dapat sadar, peduli dan melestarikan lingkungan dan mencegah dari kerusakan alam yang lebih parah lagi, "ungkap Alumni Program Pasca Sarjana Unair Surabaya tersebut. (Tim/gw)