Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, April 14, 2021

Pemeriksaan Dugaan Korupsi Kades Kaligunting Masih Tunggu Izin dari Bupati

Tim penyidik polres madiun masih tunggu izin turun dari bupati terkait pemeriksaan kepada kades kaligunting atas dugaan kasus korupsi di desa kaliguntung (tot: istimewa).
Gemawilis - 
Kasus dugaan korupsi yang melibatkan 
Kepala Desa (Kades) Kaligunting, Kecamatan Mejayan Madiun terus dilakukan pendalaman oleh Tim penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres Madiun. 

Namun demikian sejauh ini Tim Penyidik Unit Tipikor belum melakukan pemeriksaan terhadap Kades Kaligunting. Belum diperiksanya Kades Kaligunting menurut keterangan Kasat Reskrim Polres Madiun AKP Aldo Febrianto, karena izin dari kepala daerah belum turun.

"Sementara kami sudah mengajukan surat kepada bapak bupati. Kami masih menungggu izin dari pimpinan daerah tentang pemeriksaan pejabat negara. Dalam hal ini seorang kepala desa, "kata Aldo Febrianto dalam keterangannya. Selasa (13/4/2021).

Berdasarkan informasi dari petugas Inspektorat Pemkab Madiun menurut Aldo, surat izin pemeriksaan terhadap Kades Kaligunting itu diprediksi akan turun pekan ini.

Kemudian untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya pihaknya juga masih menunggu laporan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Untuk pemeriksaan selanjutnya, kami juga masih menunggu hasil audit dari BPKP, "terang Aldo.

Aldo menambahkan, sejauh ini terkait kasus tersebut pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada sebanyak 35 saksi yang mayoritas sebagai perangkat desa setempat.

Diberitakan sebelumnya, diduga telah terjadi kasus penyelewengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2016 - 2019 di Desa Kaligunting, Kecamatan Mejayan yang diduga melibatkan Kades setempat.

Pihak penyidik polisi sebelumnya juga telah melakukan penggeledahan di Kantor Desa setempat pada akhir Maret 2021 untuk mencari sejumlah barang bukti.

Dari penggeledahan yang dilakukan di Kantor Desa Kaligunting dan juga rumah Kades, Nur Amin, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti salah satunya lembar laporan pertanggungjawaban (LPj) APBDes Kaligunting tahun anggaran 2016 hingga 2019. (Tim/gw)