Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, April 06, 2021

Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi, Desa Kare Telah Ditetapkan Sebagai Salah Satu Desa Mandiri

Usai acara Tim Desa Kare Lomba Gotong Royong berfoto bersama Kepala Dinas PMD Kabupaten Madiun Joko Kelono dan Muspika Kecamatan Kare.
Gemawilis -
Mewakili Kabupaten Madiun, Desa Kare Kacamata Kare menjadi salah satu peserta Lomba Gotong Royong Tingkat Jawa Timur Tahun 2021. Jadwal Penilaian Paparan/Presentasi dilakukan pada Senin (5/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Madiun, Joko Lelono, mengatakan Desa Kare menjadi salah satu Desa yang telah ditetapkan sebagai Desa Mandiri.

Oleh karena itu, Joko Lelono berharap agar status itu benar-benar dapat diwujudkan dalam realita sehari-hari dan bukan hanya sekadar administrasi saja. Penetapan Desa Kare sebagai Desa Mandiri berdasarkan dari Indeks Desa Membangun atau IDM.

"Desa Kare sudah berstatus sebagai desa mandiri berdasarkan Indeks Desa Membangun, tapi apakah ini sudah sesuai dengan realita sehari-hari atau hanya administrasi saja. Pendapatan asli desa berapa. Kalau diputus bantuan grempyang apa tidak, "tanya Joko Lelono kepada Tim Desa Lomba Gotong Royong.

Lebih lanjut, Kepala Dinas PMD Kabupaten Madiun itu juga berpesan agar semua desa bisa memaksimalkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar kemandirian desa benar-benar bisa terwujud.

"Ayo, mumpung masih ada waktu direfresh kembali BUMDes nya. Dimulai kembali atau pembelajaran lagi agar bisa dimanfaatkan untuk menuju kemandirian desa, "pesannya. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT