Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, April 6, 2021

Gubernur Jatim Kunjungi Penggilingan Padi untuk Melihat Tingkat Penyerapan Padi di Kabupaten Madiun

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Madiun Ahmad Dawami dan Forkopimda Kabupaten Madiun saat kunujungi penggilingan padi di daerah Kecamatan Kebonsari (fot: istimewa).
Gemawilis -
Bupati Madiun Ahmad Dawami beserta Forkopimda Kabupaten Madiun mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan kunjungan ke salah satu penggilingan padi yang ada di daerah Kebonsari Madiun. Senin (5/4/2021).

Dalam kunjungan kerjanya ke Madiun, Khofifah berkesempatan melihat penggilingan padi UD Martindo Rice yang ada di Desa Palur, Kecamatan Kebonsari. Kunjungan itu bertujuan untuk melihat tingkat penyerapan padi di daerah Kabupaten Madiun.

Di lokasi penggilingan padi UD Martindo Rice, Khofifah langsung melihat stok gabah hingga proses pengepakan beras. Gubernur juga meninjau kwalitas beras yang sudah siap distribusikan ke pasar.

”Proses pengolahan berasnya sudah cukup bagus, namun problemnya sama, baik yang masih manual maupun setengah proses mekanisasi dalam proses produksi juga membutuhkan dryer atau pengering padi, ”katanya.

Lebih lanjut orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu berpesan kepada petani untuk menjaga kualitas gabah dan beras. Karena, beras dan gabah merupakan kebutuhan penting dan menjadi komoditas dasar yang harus di perhatikan secara terus menerus.

Oleh karena format premium menjadi penting untuk menyasar pasar kelas menengah keatas. Peningkatan kualitas beras adalah sebuah kebutuhan. "Kalau tidak dipersiapkan oleh sentra-sentra penggilangan padi maka mereka akan mengakses produk dari sumber manapun yang memang sesuai dengan standart yang mereka konsumsi, ”imbuhnya.

Gubernur Jatim mengakui jika penggilingan padi di Madiun sudah membangun akses market ke banyak kota diluar Madiun, sehingga hal tersebut menjadi konektifitas jaringan yang sangat bagus.

"Varian-varian yang kami kunjungi akan kami jadikan bahan referensi untuk dalam mengambil posisi pemetaan yang lebih detail, mana yang bisa kita intervensi lebih cepat untuk bisa meningkatkan kualitas gabah dan berasnya, "papar Gubernur Jatim.

Sementara itu, atas kunjungan Gubernur Jatim, Bupati Madiun Ahmad Dawami mengucapkan terima kasih. Hal teresbut menurutnya menunjukkan bahwa Pemerintah hadir untuk membantu permasalahan para petani.

”Kedatangan Ibu Gubernur ke Madiun telah memberikan support yang sangat luar biasa untuk para petani di Kabupaten Madiun. Meskipun yang dikunjungi hanya satu lokasi tapi yang dibahas global, secara makro. Baik perihal warga, kemudian kualitas hasil petani dan lain sebagainya, ”kata Bupati Madiun. (Tim/g)

Topik Lain