Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Sunday, April 11, 2021

BKMG Himbau Masyarakat Waspadai Potensi Longsor dan Banjir Bandang Jika Terjadi Hujan

Bmkg himbau masyarakat waspadai potensi longsor dan banjir bandang jika terjadi hujan (Fot: istimewa).
Gemawilis -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana alam longsor dan banjir bandang.

Bencana longsor dan banjir bandang diprediksi bisa melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur bila terjadi hujan. Untuk itu BMKG mengingatkan bahwa warga di beberapa wilayah Jatim patut mewaspadai potensi bencana tersebut.

Peringatan tersebut disampaikan BKMG pasca gempa bumi bermagnitudo 6,7 atau 6,1 berdasarkan parameter update yang melanda Kabupaten Malang dan daerah lainnya di Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021).

"Mohon waspadai potensi longsor dan banjir bandang jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat setelah terjadi gempa, "papar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada konferensi pers secar virtual.

Sementara itu, BMKG Jawa Timur hari ini juga telah mengeluarkan peringatan dini untuk tanggal 11 April 2021 berupa hujan intensitas sedang hingga lebat.

Hujan dapat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur. Hujan dikhawatirkan dapat memicu banjir dan longsor pada lereng-lereng daerah rawan bencana selama ini. (Tim/gw)

Rekomendasi