Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, April 26, 2021

Apel Kesiapan Larangan Mudik Personel Gabungan Polres Madiun, Penyekatan Sudah Mulai Dilakukan

Apel kesiapan larangan mudik diikuti oleh semua unsur personel gabungan polres madiun (fot: Hum)
Gemawilis -
Polres Madiun gelar apel kesiapan larangan mudik hari Raya Idul Fitri 2021 di Lapangan Tribrata Mapolres Madiun. Apel kesiapan diikuti antara lain TNI, Dishub, BPDB, Satpol PP serta Tokoh Ulama, Ormas Banser, Ormas Pemuda Muhammadiyah dan Paguyuban Pecak Silat Kabupaten Madiun. Senin (26/4/2021).

Apel persiapan pengamanan larangan mudik di pimpin langsung oleh Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami bersama Kapolres Madiun, AKBP Bagoes Wibisono dan Dandim 0803 Madiun Letkol Inf Edwin Charles.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan amanat Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta. Beberapa hal yang disampaikan diantaranya bahwa pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Adendum Surat Edaran nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama Bulan Ramadhan 1442 H terhitung mulai tanggal 22 April s.d. 24 Mei 2021. Sehingga dengan adanya aturan tersebut maka pelarangan mudik lebaran secara resmi sudah diberlakukan.

Kebijakan tersebut dilaksanakan dalam rangka antisipasi terjadinya lonjakan pertambahan angka penyebaran covid-19 pada libur lebaran tahun 2021. Dalam rangka mendukung kebijakan pelarangan mudik tersebut Polda Jatim telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain Operasi Keselamatan Semeru 2021 mulai tanggal 12 s.d. 25 April 2021 dengan tujuan untuk mensosialisasikan dan tanggal 26 April s.d. 5 Mei 2021 untuk melakukan penyekatan di beberapa lokasi perbatasan baik di kab/kota maupun provinsi.

Puncak dari kegiatan dukungan Polda Jatim terkait pelarangan mudik lebaran tersebut akan dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2021 dengan menyiapkan 7 titik penyekatan antar provinsi baik dengan Jateng maupun Bali.

Selain itu Polda Jatim dan satwil jajaran menyiapkan 20 titik penyekatan yang dibagi menjadi 7 rayon meliputi Surabaya Raya, Malang Raya, Tapal Kuda, Tuban Raya, Bojonegoro Raya, Madiun Raya, Blitar Raya dan Madura Raya.

Sementara itu, Kapolres Madiun, AKBP Bagoes Wibisono menuturkan, "apel tersebut untuk mengecek kesiapan seluruh personil gabungan Polres, Kodim dan Pemkab untuk mengamankan kebijakan Pemerintah terkait larangan mudik sehingga pelaksanaannya berjalan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni pencegahan penyebaran Covid-19, "ungkapnya. (Humres)