Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Sunday, March 21, 2021

Wijaya Kusuma Dibalik Mitos Mistik dan Beragam Manfaatnya

Sebagian masyarakat ada yang mempercayai bunga wijaya kusuma adalah bunga mistik (fot: istimewa).
Gemawilis - 
Wijaya Kusuma selain cantik dengan penampilan bunganya, tenyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.


Bunga wijaya kusuma atau disebut juga dengan bunga Wiku termasuk jenis tanaman kaktus yang dapat mekar hanya pada malam hari.

Tanaman ini berasal dari negara Mexico dan bisa hidup di daerah dengan iklim sedang sampai beriklim tropis. Ciri khas penampilan wijaya kusuma dibagian ujung daun ditumbuhi bunga berwarna putih.

Selain banyak manfaat bagi kesehatan, sebagian masyarakat bahkan ada yang mempercayai kalau bunga wijaya kusuma adalah bunga mistik. Ada yang bilang bisa membawa wibawa atau rejeki bagi empunya (pemilik-red) jika beruntung melihat waktu mekarnya. Sebab umumnya saat bunga ini mekar, banyak yang tidak tau.

Dikutip dari sumber kesehatan terpercaya, dibalik keindahan daun dan bunga wijaya kusuma jika dikonsumsi dapat memberikan manfaat sebagai obat herbal. Berikut manfaatnya bunga wijaya kusuma, antara lain.

Bagian bunga wijaya kusuma dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat. Kandungan anti-bakteri dari bunganya dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acne.

Kemudian bisa mengobati penyakit TBC, sebab, kandungan dalam bunga wijaya kusuma memiliki kandungan yang dapat mengobati penyakit, asma, meredakan batuk, dan TBC.

Dapat mempercepat penyembuhan luka. Karena bunganya mengandung zat antiinflamasi, antibakteri dan antioksidan, yang dapat mempercepet penyembuhan luka luar.

Selain itu, dalam bunga wijaya kusuma juga terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.

Terakhir, bunga wijaya kusuma juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Mengandung saponin yang dapat menetralkan lemak jahat yang kerap menyumbat peredaran darah.

Itulah beberapa manfaat dari bunga wijaya kusuma untuk kesehatan manusia. Caranya dengan merebus bunga atau bagian daunnya (dianjurkan bunganya) dengan air secukupnya kemudian didinginkan dan diminum. (Tim/gw)

Topik Lain