Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, March 19, 2021

Tekan Penyebaran Covid-19 di Lapas, Polres Madiun Gunakan Aplikasi Khusus "Simatahati"

Tekan penyebaran covid-19 di lapas, polres madiun gunakan aplikasi khusus sistem manajemen tahanan dan barang bukti (fot: Hum).
Gemawilis - 
Guna menekan penyebaran virus Covid-19 kususnya dilingkup Lembaga Pemasyarakatan (lapas), kini keluarga narapidana (napi)
yang ingin membesuk tahanan di Polres Madiun di fasilitas video call.

Aplikasi khusus layanan video call yang disediakan oleh Polres Madiun tersebut diberi nama "Simatahati", yang memiliki kepanjangan Sistem Manajemen Tahanan dan Barang Bukti.

Cara pengoperasian aplikasi Simatahati adalah dengan setiap keluarga dari penghuni tahanan wajib mengambil nomor barcode aplikasi Simatahati ke Polres Madiun di setiap jam besuk. Karena aplikasi tersebut hanya bisa diakses oleh petugas jaga sel tahanan dengan keluarga napi.

Setelah keluarga napi mendapatkan nomor barcode, selanjutnya petugas dari Sat Tahti akan menghubungi keluarga untuk berkomunikasi secara video call dengan penghuni lapas.

Sementara untuk waktu yang diberikan pada setiap melakukan komunikasi lewat aplikasi Simatahati video call adalah berdurasi 10 menit.

Kasat Tahti Polres Madiun, IPTU Jumadi, mengatakan Simatahati merupakan sistem jam kunjungan yang diganti dengan aplikasi vicall antara tahanan dan keluarga.

“Ini bentuk pemenuhan hak tahanan terkait jam besuk, ditengah masalah kasus virus Corona, "ungkapnya.

IPTU Jumadi menambahkan, sistem jam besuk menggunakan video call tersebut hanya berlaku sementara, hingga situasi pandemi covid-19 mereda dan dinyatakan aman. Setelah itu, akan kembali seperti semula. (Hum) /gw

Rekomendasi