Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, March 22, 2021

Sejuta Polybag Akar Wangi Ditanam, Bupati Madiun: Nanti Satu Tahun Mendatang Mulai Bisa Dirasakan

Giat mitigasi bencana, penanaman bibit akar wangi di sendang tirto dusun Dolog Desa Cermo Kecamatan Kare Madiun bersama Forkopimda Kabupaten Madiun. 
Gemawilis - 
Forkopimda Kabupaten Madiun mengelar Giat Mitigasi Bencana di Desa Cermo Kecamatan Kare dengan menanam bibit Akar Wangi di Sendang Tirto dusun Dolog. Senin (21/3/2021) pagi.


Penanaman bibit akar wangi itu sebagai bentuk usaha bersama dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi resiko bencana di wilayah Kabupaten Madiun khususnya di lereng gunung Wilis.

Penanaman akar wangi dalam acara tersebut melibatkan dan diikuti antara lain BPBD Kabupaten Madiun, Kapolres Madiun, Bupati dan Wakil, Perhutani, Organisasi Pencak Silat, Seluruh Kepala Desa se Kabupaten Madiun, Tokoh Masyarakat, Pemuda, dan unsur terkait lainnya. Sedangkan jumlah akar wangi yang ditanam sebanyak sejuta polybag bibit akar wangi.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kedepan Desa Cermo akan menjadi tempat pembudidayaan tanaman akar wangi. Dalam 1 tahun kedepan manfaat tanaman akar wangi mulai bisa dirasakan atau dipanen sebagai bahan baku minyak asiri.

"Ini akarnya bisa sampai lima meter mencengkeram tanah. Selain mempunyai nilai ekonomis sebagai bahan minyak, tanaman ini juga bisa untuk mencegah bencana tanah longsor. Nanti satu tahun mendatang mulai bisa dirasakan manfaatnya, "ungkapnya.

Semntata itu, Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles, juga mengungkapkan hal yang sama, tanaman akar wangi atau vetiver ini adalah tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Ada kandungan anti-radang dan antiseptik, sehingga bisa diolah menjadi minyak esensial untuk berbagai manfaat kesehatan.

"Akar wangi atau vetiver ini mempunyai keunggulan lain yaitu mempunyai akar yang kokoh, sehingga sangat bagus untuk mencegah bencana tanah longsor, "kata Letkol Inf Edwin Charles, kepada media. (Wjr/gw)