Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, March 18, 2021

Sejarah Lidah Menjulur Albert Einstein, Ketenarannya Melampaui Semua Ilmuwan Dalam Sejarah Dunia

Gambar Albert Einstein saat menjulurkan lidahnya tertangkap kamera fotografer Arthur Sasse (fot: google)
Gemawilis/Sejarah - 
Albert Einstein, tokoh ikonis yang selalu lekat dengan kepintaran dan sainsnya. Ia
adalah seorang fisikawan dan juga merupakan penemu teori relativitas secara umum dan khusus yang dapat mengubah pandangan masyarakat terhadap dunia.

Selama hidupnya Albert Einstein juga dikenal sebagai orang yang cinta dengan kedamaian. Namun, karena Surat Einstein-Szilard yang memicu pengembangan bom atom untuk kepentingan perang di Hiroshima dan Nagasaki, tokoh sain yang satu ini seketika pada waktu itu berada dalam posisi yang sulit. Meski begitu, andil Albert Einstein dalam bidang sains dan kemanusiaan tidak bisa dilupakan.

Bahkan, keterkenalan Albert Einstein pada masa tuanya disebut-sebut mampu melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah. Sehingga wajahnya menjadi salah satu yang paling dikenal diseluruh dunia hingga sekarang. Kata "Einstein" dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius.

Ilmuan Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879, dari keluarga Yahudi yang tinggal di Ulm, Wurttenburg, Jerman dan menghembuskan nafas terakhirnya pada 18 April 1955 di rumah sakit Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Dia meninggal dunia pada usia 76 tahun setelah dirawat selama tiga hari karena komplikasi.

Tahun-tahun terakhir pada saat sebelum Albert Einstein meninggal dunia, ia lebih sering mengasingkan diri dan tinggal sendirian di rumah meski saat itu ia masih tercatat sebagai Guru Besar di Institute for Advanced Study di Princeton University.

Albert Einstein meninggal setelah menolak operasi dengan mengatakan "Aku akan pergi jika waktunya memang telah tiba. Rasanya hampa jika harus memperpanjang hidup dengan alat. Lagipula aku telah berbagi ilmu aku. Aku akan pergi dengan elegan"

Tapi taukah kamu, dari sekian banyak foto yang menampilkan Albert Einstein, salah satu foto yang unik dan juga aneh adalah saat Albert Einstein bergaya dengan menjulurkan lidahnya. Bahkan, foto tersebut menjadi salah satu foto yang paling fenomenal sepanjang sejarah.

Ternyata, foto Albert Einstein dengan gaya aneh menjulurkan lidahnya itu diambil saat ia berulang tahun ke-72 pada tahun 1951.

Einstein, hampir sepanjang hari pada saat ulang tahunnya selalu tersenyum. Tapi karena dia capek harus terus-terusan senyum, akhirnya Einstein iseng menjulurkan lidahnya. Bertepatan dengan itu, fotografer Arthur Sasse langsung menangkap momen ikonik itu.

Setelah hasil fotonya dicetak dan diberikan ke Einstein, dia malah menyukai foto itu sampai-sampai Einstein melampirkan foto tersebut dalam kartu ucapan untuk teman dan keluarganya.

Bahkan dalam satu acara pelelangan, foto asli yang diberikan pada forografer Arthur Sasse dan ditandatangi oleh Albert Einstein pada tahun 19 Juni 2009 mampu terjual senilai $74.324.

Dengan foto aneh itu Albert Einstein kemudian menjadi model foto favorite bagi ilmuwan "gila" dan wajah ekspresif dengan gaya rambut khasnya banyak di salin dan dipublikasi secara besar-besaran hingga sekarang. Bahkan majalah Times Frederic menulis Albert Einstein adalah "mimpi kartunis menjadi kenyataan". (Bon2/gw) *berbagai sumber