Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, March 20, 2021

Pemdes Cermo Kec. Kare Siapkan Lokasi Penanaman Bibit Akar Wangi di Sendang Tirto

Camat Kare turun langsung dampingi Kepala Desa Cermo untuk menyiapkan lokasi penanaman bibit akar wangi.
Gemawilis - 
Pemerintahan Desa Cermo Kecamatan Kare Madiun hari ini mulai sibuk mempersiapkan lokasi penanaman bibit Akar Wangi dalam
rangka Giat Pencegahan dan Mitigasi Bencana dan Hari Air Dunia XXIX Tahun 2021. Sabtu (20/3/2021).

Terlihat Camat Kare Tarnu Ashidiq, M.Si, hari ini juga nampak hadir ikut mendampingi Kepala Desa Cermo, Sukiman, dalam mempersiapkan lokasi penanaman bibit akar wangi yang nanti rencana acara penanamannya akan dihadiri oleh Bupati Madiun H. Ahmad Dawami.

"Ini lagi mempersiapkan lokasi penanaman. Lokasinya ini di Sendang Tirto Dusun Dolog Desa Cermo. Ingsallah giat penanaman akar wangi akan diadakan pada hari Senin besok dan akan di ikuti oleh Bapak Bupati Madiun, "ungkap Camat Kare.

Penanaman akar wangi di wilayah Sendang Tirto Desa Cermo menurut Camat Kare adalah upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun untuk menanggulangi bencana alam banjir dan tanah longsor terutama di daerah lereng gunung Wilis.

"Kare salah satu daerah rawan bencana, jadi dengan penanaman bibit akar wangi ini diharap kedepan bencana bisa di minimalisir, "jelas Tarnu Ashidiq.
Penanaman bibit akar wangi akan di tanam di Sendang Tirto Dusun Dolog pada hari Senin (22/3).
Pemkab Madiun sendiri sebelumnya memang sudah berencana akan menanam bibit akar wangi di sejumlah lahan kritis yang ada di pegunungan dan lahan kritis di sepanjang aliran sungai. Daerah yang dipetakan antara lain Kecamatan Kare, Gemarang, Saradan, dan Dagangan.

Hal tersebut sebagai upaya untuk menanggulangi bencana alam banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Madiun serta untuk menambah fungsi resapan air di lahan di kawasan hutan dan sejumlah lahan kritis yang ada di pegunungan serta lahan kritis di sepanjang aliran sungai yang ada di daerah rawan bencana. 

Akar wangi atau narwastu adalah tumbuhan atau tanaman sejenis rumput yang berasal dari India, termasuk tumbuhan satu keluarga dengan serai atau jenis padi (famili Poaceae). Akar wangi dapat tumbuh sepanjang tahun, dan sudah dikenal banyak orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. 

Akar wangi atau vetiver selama ini kerap ditanam di lahan kritis di seluruh dunia untuk digunakan sebagai pencegah terjadinya longsor. Nama lain dari akar wangi diantaranya akar babau, akar banda, useur, rarawestu, dan masih banyak lagi. 

Bahkan tanaman ini bukan sembarang tanaman, vetiver adalah tanaman yang mempunyai akar yang sangat kuat untuk mencengkeram bumi yang kekuatannya setara dengan seperenam kawat baja.  

Bagian akarnya dapat mengikat tanah atau menguatkan tanah, sehingga mampu mencegah longsor, banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur, menyerap racun, hingga dapat menyuburkan tanah disekitarnya. (Tim/gw)

Topik Lain