Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Friday, March 19, 2021

Mitigasi Bencana, Camat Kare Bersama WOM Finance Tanam Bibit Pohon Produksi

Giat mitigasi bencana bersama WOM Finance di wilayah BPP Kuwiran Kecamatan Kare, tanam bibit pohon produksi buah-buahan (fot: istimewa)
Gemawilis - 
Bersama Kelompok Tani (Poktan) Camat Kare,
Tarnu Ashidiq, M.Si menanam bibit pohon buah-buahan di wilayah Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kuwiran, Desa Kuwiran, Kecamatan Kare, Madiun. Kamis (18/3/2021).

Giat penghijauan penanaman bibit pohon buah-buahan itu bekerjasama dengan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) Kantor Cabang Madiun dalam rangka hari ulang tahun nya yang ke-39 tahun.

Di usianya yang ke 39 tahun, Wom Finance berkomitmen menjadi perusahaan yang semakin peduli dengan lingkungan hidup, khususnya ekosistem pohon yang semakin berkurang karena penebangan. Ditambah lagi dengan adanya bencana banjir yang sering melanda hampir seluruh wilayah Indonesia yang disebabkan salah satunya kurangnya penyerapan air melalui lahan hijau.

Selain diikuti oleh perwakilan karyawan WOM Finance, giat penanaman juga didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Sodik Heru Purnomo, S.Si. Sementara bibit pohon yang ditanam adalah bibit durian, kelapa, mangga, jambu, pisang, alpokat, manggis, pepaya , sirsat, jambu biji merah, dan kopi.

Branch Head WOM Finance Kantor Cabang Madiun, Imam Iswahudi mengatakan, dipilihnya jenis bibit produksi buah-buahan karena ia berharap nantinya selain berguna untuk mitigasi bencana kedepan hasilnya juga bisa dimanfaatkan.

“Jika tanaman produksi bisa dimanfaatkan buahnya. Dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor atau erosi. Intinya jika kita sayangi alam, maka alam pun akan sayang kepada kita. Oleh karena itu mari hijaukan lingkungan kita, "terang Imam.

Imam menambahkan, selain di Madiun, dalam rangka menyambut hari jadi WOM Finance yang ke-39, giat penghijauan juga diadakan secara serentak di 9 kota, Jakarta, Cibinong, Bagan Batu, Sumedang, Magelang, Palembang, Banjarmasin, Ciputat, dan Madiun.

Sementara itu, Camat Kare Tarnu Ashidiq, M.Si, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang diprogramkan oleh WOM Finance dengan kegiatan penanaman pohon sebagai pencegahan bencana banjir dan longsor. Mengingat wilayah Kecamatan Kare sendirian menurutnya memang menjadi salah satu daerah rawan bencana jika musim hujan datang seperti sekarang ini.

"Program penghijauan ini baik sekali, dapat membantu dalam pencegahan bencana. Saya selalu Camat Kare sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh WOM Finance sehingga dengan demikian setiap tahunnya lahan kritis yang bisa menimbulkan bencana bisa terus berkurang di wilayah Kabupaten Madiun khususnya di Kecamatan Kare, "papar Alumni Program Pasca Sarjana Unair Surabaya itu. (Tim/gw)

Topik Lain