Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, March 08, 2021

Kesembukan, Si Daun Kentut Berbau Busuk yang Banyak Manfaat, dari Rematik hingga Kulit Gatal

Gemawilis/Kesehatan - 
Beragam kekayaan yang dimiliki Indonesia memang sangat banyak dan luar biasa. Salah satunya adalah kekayaan tumbuh-tumbuhan yang terdapat beraneka macam seperti daun yang satu ini, yakni daun Kesembukan.


Tumbuhan Kesembukan atau ada yang menyebutnya juga Sembukan merupakan tanaman yang tumbuh dengan cara merambat menempel atau menumpang pada tanaman lain.

Sembukan atau daun kentut sendiri bisa tumbuh subur di daerah tropis dengan cara batang berdaunya merambat. Tinggi capainnya bermacam-macam, umumnya batang menjalarnya bisa mencapai panjang 2 meter hingga 20 meter.

Selain di Indonesia, sembukan juga dapat ditemui di negara Asia tropis seperti Malaysia, Philipina, Kepulauan Hawaii dan negara tropis lainnya. Tanaman yang memiliki nama latin Paederia Scandens ini di beberapa daerah di Indonesia mempunyai sebutan bermacam-macam, di Jawa umumnya disebut sembukan, dalam bahasa Sunda disebut Kahitutan, sedangkan di Madura dinamai Bintaos.

Tak hanya unik dalam segi nama saja, namun sembukan juga mempunyai fakta unik lainnya termasuk dalam segi kesehatan. Diketahui, daun sembukan juga memiliki sifat anti biotik, anti rematik, anti radang, anti-tusif, analgesik, detoksifikasi, karminatif, peluruh dahak (mucolitik), obat cacing, pereda kejang, peluruh kencing, dan penambah nafsu makan.

Sembukan dikenal dengan daun kentut karena memiliki bau yang sangat khas di mana ketika diremas atau digosok daunnya akan tercium bau busuk. Termasuk saat dikonsumsi menjadi makanan, bau gas yang keluar dari seseorang yang mengkonsumsi daun sembukan sangatlah tak sedap.

Selain bermanfaat untuk kesehatan manusia, daun kentut juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Bagi yang mempunyai masalah susah buang gas, bisa mengunakan daun sembukan sebanyak 10-25 lembar sebagai lalapan yang sebelumnya sudah dikukus terlebih dahulu.

Sementara untuk yang bermasalah dengan sakit lambung, perut kembung, dan disentri, bisa ambil 10-50 gram daun sembukan yang masih segar lalu cuci sampai bersih kemudian ditumbuk halus dan dicampur air secukupnya lalu disaring untuk diambil airnya (kira-kira satu gelas) kemudian diminum sebelum makan.

Tumbukan daun dan bagian batang sembukan selain dapat mengatasi sakit lambung ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit gatal-gatal, eczema, dan nlneurodermatitis. Caranya dengan memblender daun beserta batangnya kemudian ditempelkan pada bagian yang terkena penyakit kulit tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari daun sembukan atau daun kentut untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Semoga bermanfaat. (Ks/gw)

BERITA TERKAIT